//
you're reading...
Uncategorized

Petani Blitar Mampir Ke DPRD Kota Madiun

* Aksi Longmarch Ke Istana Presiden

MITRA News (Madiun), Ratusan petani perkebunan asal Blitar Raya tergabung Front Perjuangan Petani Mataraman (FPPM) yang melakukan aksi long march ke Istana Presiden, mampir ke DPRD Kota Madiun, Senin (14/1/13). Mereka meminta dukungan legislatif Kota Madiun atas tuntutan yang mereka ajukan ke Presiden RI terkait soal hak tanah untuk rakyat.

Dalam aksinya bergabung dengan aktivis kiri dari Front Pemuda Kerakyatan (FPK) dan PRD KPK Madiun, massa melakukan orasi dan mengusung sejumlah spanduk/poster bertuliskan “Laksanakan pasal 33 UUD 1945, wujudkan reformasi agraria segera bagikan tanah untuk petani miskin, mana janji SBY tanah untuk petani seluas 9,27 juta hektare melalui program pembaruan agraria nasional UUPA 1960”.

Koordinator aksi, M. Triyanto mengatakan pihaknya sengaja mampir ke DPRD Kota Madiun agar para wakil rakyat ikut mendukung gerakan warga perkebunan di wilayah Mataraman. Sebab, aksi longmarch ini sebagai upaya menagih janji kampanye SBY (Susilo Bambang Yudhoyono,red) dalam pilpres lalu, yang akan membagikan 9,27 juta hektar tanah untuk rakyat.

“Presiden SBY telah ingkar janji karena hingga kini, redistribusi tanah untuk rakyat belum terealisasi. Karena itu, kami menuntut agar pemerintah SBY harus melaksanakan pasal 33 UUD 45 dan UU Pokok Agraria 1960 secara benar dan konsisten. Presiden SBY juga harus, merealisasikan janji politiknya, demi kesejahteraan kaum petani,” kata Triyanto.

Usai diterima oleh Wakil Ketua DPRD Kota Madiun Marsidi dan sejumlah anggota Komisi III, massa bergerak melanjutkan long march. Para petani ini, akan menempuh jarak ribuan kilometer menuju Istana Negara di Jakarta, selama 15 hari ke depan. Mereka rencananya akan menuju Ngawi, Jawa Tengah dan kemudian masuk Jawa Barat. Dalam aksinya nanti, mereka akan bergabung dengan para petani dari Jawa Tengah, petani Pasundan, Jawa Barat dan warga Mesuji Lampung. (jur/hwi)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: