//
you're reading...
Uncategorized

Punya Senpi Ilegal, Purna TNI AL Dibekuk Polisi

ilustrasi

ilustrasi


MITRA News (Madiun), Hadi Misyanto (73) purnawirawan TNI AL, warga Desa Kebonagung, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun dibekuk Satreskrim Polres Madiun, Jumat (4/1). Pasalnya, memiliki senjata api (senpi) secara ilegal.

Petugas juga menyita 54 butir amunisi kaliber 38 milimeter, dua butir amunisi kaliber 32 milimeter dan satu buah hoster atau sarung pistol. “Tersangka diamankan karena menyimpan senjata api secara ilegal atau tidak dilengkapi surat resmi,” kata Paur Humas) Polres Madiun Ipda Sunu Budiarto saat jumpa pers, Jum’at, (4/1/13).

Menurut Sunu, senpi dimiliki tersangka tersebut sempat digunakan untuk kepentingan dinas militer dan sesuai aturan, seharusnya senpi dikembalikan ke kesatuannya.

”Tersangka dijerat dengan pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Darurat RI Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman penjara maksimal 20 tahun atau seumur hidup karena menguasai atau memyimpan senjata api dan amunisi tanpa izan,” katanya.

Sementara itu, tersangka Hadi mengaku senpi miliknya tersebut didapat dari seseorang anggota TNI lainnya berpangkat Mayor Infantri saat ia bertugas menjadi Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL) di Pelabuhan Belawan, Medan, tahun 1973. “Saya masih memiliki bukti surat tertulis penyerahan senpi tersebut,” kata purna TNI AL yang pensiun tahun 1988 berpangkat Sersan Dua Pelaut ini.

Menurutnya, selama ini tidak pernah menggunakan senpi yang dimiliki untuk kejahatan. Senpi tersebut sempat digunakannya untuk menjaga keamanan selama menjalankan usaha dan pekerjaannya pasca pensiun. “Hanya saya simpan dan untuk jaga-jaga,” ujarnya. (sputra/jur)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: