//
you're reading...
Uncategorized

80 Persen Jalan Kabupaten Madiun Bobrok

* Pemerintahan Muhtarom ’Gagal’
fm-jalan2

MITRA News (Madiun), Pemerintahan Bupati Madiun Muhtarom gagal mewujudkan pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan. Buktinya, sebanyak 80 persen jalan saat ini masih dalam kondisi bobrok.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Madiun, Widodo mengatakan, dari 12 ruas jalan, panjang 99 ribu meter, hanya 20 persen yang kondisinya layak disebut jalan. ”Sisanya dalam kondisi rusak ringan sedang dan rusak berat,” kata Widodo.

Menurutnya, faktor penyebab belum adanya perbaikan, lantaranya minimnya anggaran pada APBD 2012 lalu. Sesuai rencana program 2012, jelasnya, dibutuhkan anggaran untuk perbaikan infrastruktur jalan sebesar Rp 85 miliar, namun hanya realisasi Rp 22,7 miliar.

Dana tersebut bersumber dari Bantuan Khusus Pemprov Jatim Rp 5 miliar, dari DAK Rp. 4,6 miliar dan dari DAU sekitar Rp 10 miliar untuk perbaikan jalan rusak serta sekitar Rp 3,1 miliar untuk pemeliharaan. “Dana hanya cukup untuk perbaikan jalan sekitar 10 persen dari kerusakan yang ada,” ujarnya.

Ketidakmampuan Pemerintah Kabupaten Madiun mengalokasikan anggaran perbaikan jalan juga terlihat pada APBD tahun 2013. Sebab, tahun ini hanya dialokasikan sebesar Rp. 40 miliar. ”Padahal, tahun 2013 ini sesuai rencana program, kami sebenarnya membutuhkan anggaran Rp 122,4 miliar,” ungkap Widodo.

Alokasi dana Rp. 40 miliar tersebut, rinciannya bersumber dari DAU sekitar Rp 24 miliar untuk peningkatan jalan, dari DAK Rp 5,3 miliar untuk peningkatan berkala dan dari Bantuan Khusus Pemprov Jatim Rp 5 miliar pembangunan jalan ring road III Bajulan-Kaligunting serta dari DAU sebesar Rp 4,3 miliar khusus untuk pemeliharaan.

”Untuk perbaikan jalan sebanyak ini kami perkirakan perlu anggaran Rp 500 juta. Karena itu, upaya kami adalah perbaikan bertahap. Kemungkinan baru pada tahun 2016, semua bisa dituntaskan,” terangnya. (jur/hw)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: