//
you're reading...
Uncategorized

Pemilukada Kabupaten Madiun Tanpa Calon Independen

ilustrasi

ilustrasi


MITRA News (Madiun), Pemilukada Kabupaten Madiun Mei 2013 mendatang tanpa calon bupati dan wakil bupati dari perseorangan atau independen. Sebab, hingga pendaftaran ditutup, Rabu (26/12) tidak ada satupun calon indepen yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

“Sampai batas akhir masa penyerahan dukungan, yaitu mulai 26 Desember, ternyata tidak ada yang menyerahkan dukungan. Itu artinya nantinya tidak akan ada yang mendaftar dari jalur independen,” kata Ketua KPUD Kabupaten Madiun Anwar Soleh Azarkoni, Rabu (26/12).

Meski demikian, pihaknya menolak jika pemicu tidak adanya calon independen, karena faktor minimnya sosialisasi oleh KPU. “Kita sudah cukup santer mengumumkan peluang munculnya calon dari jalur non-partai, baik melalui media cetak maupun elektronik serta memasang banner,” katanya.

Diketahui, calon independen untuk ikut berlaga dalam Pemilukada, harus memenuhi syarat yang ditentukan. Yaitu mendapat dukungan sekurang-kurangnya 4% dari total jumlah penduduk, sesuai Peraturan KPU Nomor 9/2012 tentang Tata Cara Pencalonan. Khusus di Kabupaten Madiun dengan jumlah penduduk 800 ribu, maka minimal dapat dukungan dari sebanyak 32.068 orang yang ditunjukkan dengan membawa fotokopi KTP para pendukungnya .

Praktis, dengan tidak adanya calon dari jalur independen, hingga saat ini setidaknya sudah h ada dua bakal calon yang akan bertarung pada Pemilukada mendatang. Yaitu incumbent Bupati Muhtarom dan Sukiman mantan Sekda Kabupaten Madiun yang sama-sama berangkat dari PDIP. Hanya saja, keduanya kini galau, karena DPP PDIP belum mengeluarkan rekom. (jur/hwi)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: