//
you're reading...
Uncategorized

Pencemaran Industri Kulit Magetan Meluas

* Warga Protes Tak Digubris

MITRA News (Magetan), Pencemaran lingkungan akibat limbah industri kulit (LIK) di Kota Magetan, dinilai oleh sejumlah pihak sudah dalam tahap mengkhawatirkan. Selain mencemari sumber air, limbah industri tersebut juga menimbulkan bau tidak sedap.

Dampak mengkhawatirkan dari limbah tersebut kini terus dikeluhkan warga sekitar. Mereka mengeluhkan kondisi sumber air sungai Gandong yang semakin kotor dan bau akibat tercemar limbah pengolahan industri kulit. Bahkan sebagian warga terserang sakit pusing dan mual.

Ketua Rukun Warga 03 setempat, Muhamad Ikbal, mengatakan pihaknya telah berulangkali mengajukan protes pembuangan limbah secara liar ini pada pihak LIK, namun tidak pernah digubris “Kami sudah sering kali protes mas, tapi sampai sekarang belum ditanggapi dan tidak ada tindakan dari pihak berwenang,” ungkapnya, Minggu (16/12).

Menurutnya, pencemaran ini sudah berlangsung selama 27 tahun atau sejak LIK berdiri pada tahun 1985. Selain mengakibatkan warga jatuh sakit, juga merusak ekosistem sungai gandong akibatnya banyak ikan – ikan di aliran ini yang mati.

“Kami sudah puluhan tahun harus menghirup aroma limbah yang mirip bangkai binatang, apa mereka pikir kami tidak punya hidung,“ ujarnya seraya menuding jika industri kulit setempat tidak mempuyai sarana pengolah limbah.

Karena itu, warga menuntut Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Magetan turun tangan menindak tegas masalah ini. “Pemerintah harus turun menindak tegas, agar kami tidak menjadi korban kepentingan pengusaha kulit semata,” tegasnya.

Sementara itu, pihak UPT LIK hingga kini belum bisa dikonfirmasi terkait pencemaran lingkungan yang dilakukan selama puluhan tahun tersebut. ( ik)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: