//
you're reading...
Uncategorized

PRD Madiun Tuntut Menhut Zulkifli Dicopot

ilustrasi


MITRA News (Madiun) – Aktivis Partai Rakyat Demokratik (PRD) Madiun unjuk rasa di Kantor Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Madiun, Rabu (28/11). Mereka menuntut Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan dicopot dari jabatannya. Ini menyusul ucapan sang menteri di media yang menuduh sejumlah organisasi PRD, Serikat Tani Nasional (STN), dan Serikat Petani Indonesia (SPI) sebagai pendatang”, “perambah agresif”, dan yang “memanipulasi” masyarakat Suku Anak Dalam (SAD).

Ucapan yang menyinggung PRD terjadi ketika sang Menteri kunjungan di Kantor PT. Restorasi Ekosistem Indonesia (REKI) di Jambi. Saat itu Zulkifli menyerukan agar para perambah hutan ditindak tegas, bahkan diusir keluar dari wilayah yang diklaim sebagai ‘kawasan restorasi ekosistem Hutan Harapan’, oleh sebuah perusahaan konsorsium asal Inggris, PT. Restorasi Ekosistem Indonesia.

“ Secara tegas kami menolak tuduhan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan bahwa kami adalah pelaku perambah hutan. Pernyataan Zulkifli tidak patut, melecehkan, sehingga Zulkifli harus dicopot dari jabatannya,” kata Fermans Noel koordinator saat orasi, Rabu (28/11/12).

Menurut Fermans, pernyataan tersebut dapat memacu konflik di kawasan Jambi, khususnya konflik horisontal di antara Suku Anak Dalam (SAD) yang biasa menempati hutan tersebut. “Kami menilai sikap dan pernyataan Zulkifli dan berbahaya memprovokasi terjadinya tindak kekerasan terhadap petani oleh aparat pemerintah dapat memicu konflik horisontal di antara suku anak dalam,” tukasnya.

Para pengunjuk rasa akhirnya diterima dialog singkat di aula Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Madiun dipimpin Kepala Bidang Kehutanan Ir. Didik Susanto. Aksi selesai, setelah permintaan agar surat aspirasi dan tuntutan PRD ke Kementerian Kehutanan RI di Jakarta dikirim langsung melalui faxcimili dipenuhi. (emy/hwi)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: