//
you're reading...
Uncategorized

Permohonan Akte Kelahiran Di Kabupaten Madiun Melonjak

ilustrasi


MITRA News (Madiun) -Meski masa berlaku dispensasi telah berkahir, namun kesadaran masyarakat di Kabupaten Madiun akan pentingnya akte kelahiran mulai tinggi. Buktinya, permohonan pembuatan akte meningkat tajam.

Sesuai data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcatpil) Kabupaten Madiun, jumlah permohonan akte kelahiran mencapai 7.359 pemohon. Rinciannya, 0 kelahiran hingga 60 hari kelahiran mencapai 3957 pemohon. Sedang yang mengurus akte sejak 60 hari hingga satu tahun kelahiran sebanyak 2715 pemohon. Untuk warga yang terlambat mengurus akte 687 pemohon.

”Masyarakat mulai sadar pentingnya akte kelahiran, ini tidak lepas dari sosialisasi yang inten dilakukan. Baik untuk ke luar negeri, sekolah, naik haji dan lain keperluan berkaitan dengan admionistrasi kependudukan,” kata Kabid Pencatatan Sipil Dispendukcatpil Kabupaten Madiun Sutikno, Rabu (21/11/12).

Menurutnya, masyarakat juga harus memahami bahwa sejak masa dispensasi pembuatan akte berakhir tahun lalu, pemohon yang terlambat mengurus akte, selain dikenai denda juga wajib mengikuti sidang di Pengadilan Negeri.

Mengacu UU Nomer 23 tahun 2006 dan Perbup Madiun Nomer 18 tahun 2011, jelasnya, besaran dendanya Rp 50 ribu. Tapi, kalau mengacu UU 23 tahun 2011 denda paling banyak Rp 1 juta. Syarat pengurusan, diantaranya kartu keluarga, KTP suami istri, surat nikah serta surat keterangan lahir.

“Bagi 0 hingga 60 hari sejak kelahiran tidak melalui sidang dan tidak didenda. Namun, jika melebihi 60 hari akte baru diurus, maka pemohon wajib ikut sidang dan denda,” terang abdi masyarakat yang tidak gila jabatan ini seraya memprediksi jumlah permohonan akan meningkat, karena masih ada sekitar 30 persen warga yang belum punya akte. ujarnya. (emy/mm)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: