//
you're reading...
Uncategorized

KPU Kabupaten Madiun Temukan Anggota Parpol Fiktif

wahyudi


MITRA News (Madiun) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun menemukan anggota partai politik (parpol) yang diduga fiktif. Temuan tersebut didapati saat tim dari KPU setempat mendatangi satu persatu sampel alamat rumah warga dalam verifikasi faktual.

Dugaan keanggotaan fiktif tersebut, lantaran warga tersebut tidak merasa atau mengakui sebagai anggota parpol tertentu. Padahal kartu tanda anggota (KTA) parpol yang mencantumkan nama mereka telah dimasukan oleh parpol tertentu dalam pendaftaran parpol peserta pemilihan umum (pemilu).

“Dari 14 parpol yang diverifikasi, ditemukan beberapa dugaan keanggotaan fiktif terhadap sampel terpilih. Saat didatangi petugas, ada beberapa sampel yang tidak mengakui jika yang bersangkutan menjadi anggota salah satu partai politik,” kata Anggota KPU Kabupaten Madiun Wahyudi kepada wartawan, Rabu (21/11/12).

Hanya saja dengan alasan kerahasiaan yang diatur dalam ketentuan, Wahyudi tidak menyebutkan nama dan alamat warga tersebut maupun parpol yang mengklaim warga itu sebagai salah seorang anggotanya.

Wahyudi juga mengatakan bahwa dari 100 sampel yang terpilih, tim verifikasi faktual baru berhasil menemui sekitar 70 orang. Karena itu, pihaknya mengirimkan surat ke sekretariat masing-masing partai politik agar pengurus partai politik bisa menghadirkan yang bersangkutan di kantor partai politik untuk bertemu dengan petugas KPU hingga tanggal 24 November 2012.

Jika partai politik tetap tidak bisa menghadirkan anggotanya yang belum tersuvei tersebut, maka KPU Kabupaten Madiun akan mengakumulasi apakah jumlah keanggotaan yang tersurvei telah memenuhi syarat minimal yakni 1.000 pemilik kartu tanda anggota (KTA) atau 1/1.000 dari jumlah penduduk Kabupaten Madiun.

“Jika jumlahnya sesuai syarat minimal maka partai bersangkutan akan lolos dan jika jumlahnya kurang maka akan kami laporkan ke KPU Pusat untuk ditindaklanjuti,” timpal Ketua KPU Kabupaten Madiun Anwar Soleh Azarkoni.

KPU akan menyelidiki apakah komposisi keanggotaan 1.000 atau 1/1.000 anggota berdasarkan jumlah penduduk di kabupten/kota nyata atau tidak. Selain itu juga keberadaan kantor dan kepengurusan partai politik “Untuk verifikasi keberadaan kantor dan kepengurusan masing-masing partai politik di Madiun, hasilnya sudah baik. Tinggal keanggotannya saja,” kata Anwar (emy)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: