//
you're reading...
Uncategorized

Atasi Pengangguran, Dinsosnakertrans Tingkatkan Program Pro Job

ilustrasi


MITRA News (Madiun) – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Pemerintah Kabupaten Madiun terus berupaya melakukan terobosan meningkat program pro job, yaitu program-program yang membuka lapangan kerja dan meningkatkan kompetensi para pencari kerja. Menyusul, angka pencari kerja di daerah yang terkenal dengan industri brem ini cukup tinggi.

Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Madiun, Suyadi mengatakan sesuai data terakhir jumlah angka pencari kerja telah mencapai 118.134 jiwa, dengan jumlah penduduk usia kerja 458,279 jiwa. Sedangkan yang sudah bekerja sebanyak 340,145 jiwa.

“Karena itu, kita berupaya dengan semua program agar bisa membantu para pencari kerja untuk mendapat peluang kerja. Salah satunya, setiap tahunkami menggelar pelatihan bagi tenaga kerja mandiri terdidik,’’ kata Suyadi, kemarin (13/11/12).

Suyadi mencontohkan, kegiatan pelatihan yang dilakukan di bulan Nopember diantaranya dipusatkan di Desa Baner, Kecamatan Saradan dengan menjaring sekitar 40 tenaga kerja terdidik. Mereka berasal dari Desa Kedung Maron, Desa/kecamatan Pilangkenceng, Benner dan Sidorejo, Kecamatan Saradan.

‘’Para tenaga kerja terdidik ini memiliki beragam latar belakang pekerjaan, seperti pengrajin tas, penjual bakso dan penjual es campur. Selama ini usaha mereka belum berkembang,’’ jelasnya.

Menurutnya, dengan pelatihan tersebut, para tenaga kerja terdidik diajak untuk mengelola manageman usaha yang lebih baik. Terutama untuk membuka peluang pasar produk yang dijualnya. Pihaknya pun memberikan materi manageman produksi. Sehingga para tenaga kerja ini tidak asal dalam membuat produknya.

Selain itu, tambahnya, para tenaga kerja terdidik ini juga diajak untuk melihat pembuatan tas milik Lamisni, warga Bener. Usaha yang dijalankan Lasmini ini sudah berlangsung sejak 2006 lalu.Usaha tersebut mendapat perhatian dari pemerintah daerah untuk terus dikembangkan.

‘’Kalau produknya dibuat asal-asalan, tidak mungkin bersaing dengan yang lain, kami berharap dengan pelatihan ini para tenaga kerja ini semakin mantap memperbesar usahanya. Sehingga banyak tenaga kerja yang tertampung,’’ katanya. (emy/*)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: