//
you're reading...
Uncategorized

Miliaran Dana Cukai Tembakau Kota Madiun ’Nganggur’

ilustrasi

MITRA News (Madiun) -Melimpahnya jatah dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) untuk Kota Madiun ternyata belum dimanfaatkan secara maksimal. Buktinya, hingga satu setengah bulan jelang tutup tahun anggaran, penyerapan anggaran di enam SKPD penerima dana cukai masih rendah.

Kabag Humas dan Protokoler, Pemkot Madiun, Edi Hermayanto membenarkan jika penyerapan dana cukai masih minim. Pemicunya, karena adanya aturan yang berubah-ubah. Sehingga beberapa kegiatan tidak dilaksanakan, karena tidak sesuai juklak dan juknis yang ada.

“Banyak yang tidak terserap karena masalah aturan yang berubah-ubah. Sehingga satker penggunna DBHCHT tidak menggunakan dana tersebut. Kalau pun terserap, ya Cuma kecil-kecil,” katanya kepada wartawan.

Sesuai data diterima Memo, rincian dana tidak terserap diantaranya alokasi dana di Disperindakoppa sebesar Rp. 140 juta untuk pelatihan, fasilitasi ijin teknis dan pelaksanaan peningkatann pembuatan desain batik tulis bagi IKM/ IRT. Dan dana Rp. 100 juta untuk kegiatan pelatihan peningkatan teknik bordir bagi IKM/IRT bordir baru terserap 4,01% atau Rp. 4 juta.

Hal serupa juga terjadi pada pos anggaran di Dinas Kesehatan Rp. 200 juta untuk program kegiatan sosialisasi dampak asap rokok. Sedangkan di RSUD Kota Madiun, dari alokasi anggaran sebesar Rp 1 miliar, untuk kegiatan pengadaan alat kedokteran, hingga kini baru terserap 0,20% atau Rp. 2 juta.

Pada tahun 2012 ini, Pemkot Madiun digerojok DBHCHT sebesar Rp. 5,233 miliar Hingga Juli dana tersebut baru terserap Rp. 1, 356 miliar atau sekitar 25,942 persen. Yaitu untuk program dan kegiatan pembinaan industry sebesar Rp 21 juta, program kegiatan pembinaan lingkungan social sebesar Rp. 5,182 miliar dan untuk program sosialisasi ketentuan bidang cukai sebesar Rp 30 juta.

Mestinya, selain program tersebut masih ada dua lagi program yang SK Gubernur Jatim harus dilaksanakan , yaitu, program peningkatan kualitas bahan baku dan pemberantasan cukai illegal. Tapi, kedua program tersebut nihil pelaksanaan sebab tidak dianggarkan sama sekali. (emy/sputra).

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: