//
you're reading...
Uncategorized

Dewan Desak Eksekutif Segera Lelang Aset


MITRA News (Madiun) – Komisi C DPRD Kabupaten Madiun mendesak eksekutif segera melelang 14 aset milik Pemerintah Kabupaten Madiun yang berada di Kota Madiun. Sebab dikhawatirkan akan menghambat percepatan perpindahan Ibukota Kabupaten Madiun ke Caruban.

“Padahal panitia sudah terbentuk dan persetujuan dewan sudah ada sejak tahun 2009 lalu. Tapi kok lelangnya tak kunjung dilakukan. Kami minta Pemkab Madiun tidak perlu menggantung dan mengulur-ngulur waktu pelelangan,” kata Suprapto anggota Komisi yang membidangi anggaran dan asset ini, dikantornya Selasa (6/11/12).

Secara terpisah Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Moh Hadi Sutikno mengakui lelang asset molor. Hal ini disebabkan appraisal tahun lalu sudah tidak berlaku lagi. Sehingga pada tahun ini Pemkab Madiun harus membuat appraisal baru.

Faktor lainnya, jelas Suktino, disebabkan muncul ketentuan baru yang mengharuskan adanya MoU yang dibuat antara Pemkab Madiun dan KPKNL. “Saat ini PT Sih Wiryadi dan rekan selaku Tim Appraisal yang ditunjuk telah merampungkan taksiran harga. Dan sudah ada di kantor KPKNL dan sekarang sedang koordinisai tentang persyaratan-persyaratan,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, bupati Madiun Muhtarom mengatakan sejak tahun lalu ke-14 aset sudah masuk ke Balai Lelang Negara. Namun hingga saat ini belum ada aset Kabupaten Madiun yang dilelang. “Sudah kita serahkan, tapi kan Balai Lelang (Negara) tidak semudah yang dibayangkan. Persoalannya mungkin ya anggaran. Perseorangan atau badan atau Pemkot Madiun atau yang lain, persoalannya ya itu,” ujarnya.

Sejak pertengahan 2010 atau sejak terbitnya PP nomor 52/2010 tentang pemindahan ibukota Kabupaten Madiun hingga saat ini sudah 23 hektare lahan dibebaskan. Luasan ini adalah sekitar dua pertiga dan total kebutuhan lahan untuk pembangunan pusat pemerintahan Kabupaten Madiun.

Pada 2012 ini Pemkab Madiun menyediakan dana hingga Rp10 miliar untuk pembangunan puspem ini. Hingga saat ini, baru sekitar 23 hektare lahan yang sudah dibebaskan dan masih 13 hektare lagi yang masih harus dibebaskan. (emy)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: