//
you're reading...
Uncategorized

Kerusakan Proyek Ring Road III Tanggungjawab Rekanan

* Progres Baru 10 Persen

Ilustrasi


MITRA News (Madiun) – Proyek perbaikan jalan ring road III Mejayan-Bajulan Kabupaten Madiun senilai Rp. 5 miliar diduga sarat penyelewengan, lantaran lapis pondasi sebelum di aspal sudah rusak menjadi tanggungjawab pelaksana proyek PT Selo Manunggal Sejati.

Apalagi progres pekerjaan hingga kini masih berjalan sekitar 10 persen. Hal itu ditegaskan Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PU BMCK Kab Madiun Widodo kepada wartawan, Senin (5/11/12).

”Pekerjaan lapis pondasi di proyek jalan Ring Road III masih menjadi tanggungjawab pelaksana proyek PT Selo Manunggal Sejati. Dan proyek tersebut baru akan berakhir bulan Desember mendatang. Ini masih dalam tahap pelaksanaan,” kata Widodo seraya menegaskan jika tidak ada penyimpangan.

Disinggung factor penyebab bobroknya jalan tersebut, Widodo mengaku, selain karena kondisi lapisan dasar labil, juga karena kendaraan yang melewati jalan tersebut muatannya melebihi tonase.

“Ini jalan kabupaten. Sesuai peruntukannya, sumbu muatan terberat yang boleh melewati jalan ini hanya 8 ton. Tapi, jalan ini adalah jalan alternatif. Kalau armada berat diarahkan lewat tengah kota, maka akan terjadi kepadatan arus lalin,” jelasnya.

Mengenai pekerjaan yang sedang berjalan sekarang ini, jelasnya, adalah pengerukan lapisan dasar dan pekerjaan lapisan ETB. Ini karena kondisi jalan tersebut labil. Sehingga lapisan dasar yang lunak harus dikeruk kemudian dilapisi LPA yang diopolos dengan semen.

“Setelah dikeruk kemudian dilapisi ETB terdiri dari LPA dan semen yang di oplos. Kemudian dilanjutkan pekerjaan lapisan ACBC dan pekerjaan ACWC. Nanti over lay-nya 10 centi meter. Terdiri dari ACBC 6 centimeter dan ACWC 4 centimeter,” jelasnya.

Pihaknya berharap, dengan lapisan ACBC dan ACWC, jalan kabupaten ini statusnya akan meningkat menjadi jalan propinsi. “Dengan digarap sepereti inji, harapan kita nantinya bisa meningkat statusnya,” katanya.

Diketahui, pekerjaan proyek perbaikan jalan ring road III Mejayan-Bajulan Kabupaten Madiun sepanjang 1,5 kilo meter. Meski belum sempat di aspal hot mix, tapi lapis pondasi kini sudah rusak parah. Akibatnya mendapat sorotan dari warga setempat dan pihak rekanan diminta bertanggungjawab. (emy)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: