//
you're reading...
Uncategorized

‘Proyek’ Imunisasi Dipteri Habiskan Ratusan Juta

ilustrasi


MITRANews (Madiun) – Ribuan warga akan diwilayah Kabupaten Madiun menjadi sasaran imunisasi dipteri. Rencananya sebanyak 140,700 warga usia dua bulan hingga 15 tahun akan diimunisasi melalui sekolah dan posyandu. Untuk kegiatan tersebut Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat digelontor anggaran Rp 436 juta dari Pemprov Jatim.

‘’Imunisasi ini untuk menekan penambahan angka penderíta dipteri,’’ ungkap Aries Nugroho, Kepala Dinkes usai sosialisasi bahaya difteri di Pendapa Muda Graha Kabupaten Madiun, kemarin (1/11/12).

Data Dinas Kesehatan menyebut, selama 2012, difteri diderita lima warga. Mereka berasal dari Kaibon, Kecamatan Geger, serta Tiron, Kecamatan Madiun. Temuan difteri bukan pertama kali di Kabupaten Madiun. 2009 lalu, kasus serupa ditemukan di Desa Ngadirejo, Wonoasri. Lima orang yang masih satu keluarga ditemukan positif menderita difteri. Namun 2010 lalu, penyakit ini tidak ditemukan, begitu juga 2011. ‘’Baru tahun ini ada kasus lagi, makanya satusnya berubah menjadi KLB,’’ katanya.

Dinkes berupaya memutus mata rantai penyebaran penyakit difteri di Kaibon dan Tiron. Yakni dengan melakukan outbreak response on immunization (ORI) atau imunisasi ulang di dua lokasi itu. Langkah ini dilakukan setelah petugas memastikan adanya bakteri toksigenik atau bakteri yang mematikan.‘’Agar difteri ini tidak menular, warga dua dusun langsung kita berikan imunisasi ulang,’’ jelasnya. (emy)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: