//
you're reading...
Uncategorized

KPU Kabupaten Madiun Verifikasi 14 Parpol

ilustrasi


MITRANews (Madiun)- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Madiun mulai melakukan verifikasi factual terhadap partai politik. Dari 16 parpol yang dinyatakan lolos oleh KPU pusat, hanya 14 parpol yang diverifikasi KPU setempat.

Ke-14 parpol tersebut adalah Partai PDIP, PKB, Golkar, PBB, Hanura, PAN, PKS, Gerindra, Demokrat, PPP, PKBIB, PPRN dan PPN. “Kalau ditingkat nasional ada 16 p-arpol. Di Kabupaten Madiun hanya 14 parpol. Untuk PDP dan PKPI tidak akan diverifikasi karena disini (Kab Madiun) tidak ada,” terang anggota KPUD Wahyudi.
Dalam verifikasi faktual, diterjunkan 5 tim komisioner masing-masing beranggotakan lima orang. Mereka mendatangi masing-masing kantor partai politik yang dinyatakan lolos. Selain itu juga mengecek keputusan kepengurusan partai di daerah, daftar susunan kepengurusan, bukti status kepemilikan serta kelengkapan lainnya.

“Kita pecah dan kita sebar. Secara bertahap mereka akan mendatangi kantor-kantor parpol tersebut. Mereka akan menilisik surat domisili berikut status kantor, KTA dan komposisi quota 30 persen pengurus perempuan pada setiap parpol dan susunan kepengurusan,” jelasnya.

Ditandaskan, pihaknya mengaku tidak akan sembrono dalam verifikasi. Jika, dari ke 14 parpol yang ada di Kabupaten Madiun setelah dilakukan verifikasi factual ternyata ditemukan ada yang tidak memenuhi persyaratan, maka hal itu akan dilaporkannya ke KPU pusat.

“Kami akan periksa parpol secara teliti. Obyektif dan transparan. Jika nanti ada yang tidak memenuhi syarat, ya akan kami sampaikan apa adanya dan mereka akan kami beri tanda TMS,” tegasnya

Disinggung apakah ada kemungkinan dari ke 14 parpol yang ada di Kabupaten Madiun ada yang tidak lolos, Wahyudi mengatakan, berbagai kemungkinan itu ada.

“Pokoknya, apabila nanti kami temukan ada parpol yang tidak lolos, ya akan kami sampaikan. Tapi, apabila pada saat kami lakukan verifikasi factual ada parpol belum memenuhi persyaratan, mereka kami beri kesempatan selama tujuh hari,” terangnya. (emy)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: