//
you're reading...
Uncategorized

Lounching Pemilukada Madiun ‘Amburadul’ Dan Ditumpangi Sponsor


* Komisi A Ancam Panggil KPUD

MITRA-Pelaksanaan launching Pemilukada Bupati/Wakil Bupati Madiun 2013 dilapangan Jiwan Kabupaten Madiun, Minggu (14/10/12) dinilai amburadul dan tidak tepat sasaran. Ironisnya, kegiatan seremoni tanda dimulainya hajatan pesta demokrasi ini, justru ada ‘penumpang gelap’ salah satu dealer ditenggarai sebagai sponsor kegiatan.

Tak pelak, kegiatan KPU Kabupaten Madiun yang dibiayai dari uang rakyat sekitar Rp. 50 juta bersumber dari APBD Tahun 2012 itu, membuat sejumlah Anggota DPRD setempat berang dan prihatin.

“Kami sangat menyanyangkan lounching tahapan Pemilukada amburadul dan tidak tepat sasaran. Apalagi ada penumpang gelap yang memamerkan produk pada saat kegiatan lounching,” kata Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Madiun Slamet kepada Memo, Minggu (14/10/12).

Menurut Slamet, KPUD terkesan tidak transparan dan konsisten. Sebab pada saat hearing antara Komisi A dengan anggota KPU setempat, disampaikan bahwa kegiatan lounching direncanakan akan dilaksanakan di setiap Kecamatan.

Namun, faktanya tidak dijalankan. Selain itu, KPUD juga tidak pernah membicarakan jika kegiatan lounching akan menggunakan pihak ketiga Event Organizer/EO asal Dolopo.

Karena itu, Slamet mengancam akan memanggil KPUD untuk dimintai keterangan atas masalah ini. “Menyesalkan, karena kegiatan tidak pernah disampaikan ke Komisi A dan soal pihak ketiga atau EO juga tidak pernah disampaikan. Tidak menutup kemungkinan akan kita panggil untuk kita tanyakan masalah sponsor itu, sebab kegiatan KPUD sudah dibiayai APBD,” tegas Slamet dengan nada kecewa.

Secara terpisah, Kabag Umum KPU Kabupaten Madiun Suparlan dikonfirmasi hanya memberikan keterangan soal kegiatan lounching tahapan Pemilukada dihelat KPUD diakui menggunakan jasa pihak ketiga atau EO. “Kita menggunakan EO karena waktunya mepet dan EO dimenangkan oleh CV. Kurnia Rohmani dengan Pagu Rp. 50 juta,” kata Suparlan, Minggu (14/10).

Diketahui, kegiatan lounching dihelat pukul 08.00 Wib, dihadiri ratusan orang (sesuai absensi sekitar 155 orang), baik dari unsur Formpimda, perwakilan DPRD, perwakilan partai politik, pimpinan tingkat Kecamatan, Kepala Desa dan Perangkat Desa dan ditambah unsur KPU sejumlah daerah yaitu, KPU Batu, Kab. Malang, Bojonegoro, Bondowoso dan KPU Probolinggo. Selain ada hiburan dangdut, reyog dan dongkrek, masyarakat juga disuguhi produk sponsor, hal ini menjadi pertanyaan sejumlah elemen.

Informasi lain menyebutkan, jika kegiatan lounching tahapan Pemilukada ini sempat menimbulkan kontroversi diinternal sekretariat KPU setempat. Selain tidak adanya pembicaraan secara matang dengan tim, anggota KPU juga dinilai terkesan mengambil sikap sendiri, termasuk dalam hal penunjukkan EO. Akibatnya pelaksanaan kegiatan menjadi amburadul.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, seluruh komisaris KPU Kabupaten Madiun belum berhasil dikonfirmasi. (emy/hw)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: