//
you're reading...
Uncategorized

Harga Gabah Anjlok, Petani di Madiun Menjerit

doc: hwi


MITRA – Petani di wilayah Kabupaten Madiun tahun ini menjerit. Pasalnya, harga jual gabah petani anjlok jauh dibawah Harga Patokan Pemerintah (HPP) sebesar Rp. 3300 per kilogram. Jika sebelumnya harga tembus Rp 3600 perkilo, kali ini hanya dikisaran Rp 3000 per kilo.

Diperkirakan, anjloknya harga gabah di tingkat petani disinyalir akibat ulah para tengkulak memanfaatkan situasi dan kondisi dihadapi petani dengan cara mempermainkan harga. Sedangkan pejabat Pemkab Madiun hingga kini terkesan ’tidur’, belum ada upaya menangani masalah dialami petani.

”Dengan harga Rp 3 ribu jelas nggak nututi mas. Petani masih buntung. Tekornya nggak karu-karuan. Apalagi, dimusim kering ini air selalu beli. Njagakne irigasi juga nggak nutut,” kata Jamin salah seorang petani Desa Bagi, Kecamatan Madiun.

Sementara itu, Sukadi petani lainnya diwilayah Balerejo mengaku, jika anjloknnya harga gabah ini disinyalir karena ulah tengkulak yang blusukan ke desa-desa. “Soalnya sekarang ini mayoritas petani sudah memasuki massa panen raya. Barangnya melimpah, tapi tengkulaknya membeli deengan harga sangat murah,” ujarnya.

Ditambahkan, posisi tawar petani selalu di posisi lemah. Disebabkan, modal petani telah habis untuk biaya penggarapan. Sehingga sebagian besar petani langsung menjual hasil panennya dalam bentuk gabah kering panen. Dan kondisi ini selalu saja dimanfaatkan mafia perberasan nasional.

Sebab itu, para petani berharap, pemerintah tidak lepas tangan dan segera turun kebawah membantu menstabilkan harga gabah agar petani tak merugi terus. “Kalau tidak dibantu pemerintah, bisa-bisa kami yang bangkrut. Karena itu, mbok iyao pemerintah tanggap terhadap kondisi dialami petani,” ujar mereka.

Hingga berita ini diturunkan, pejabat Pemkab Madiun berkompeten dengan harga gabah belum berhasil dikonfirmasi. (emy)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: