//
you're reading...
Uncategorized

Rekom Dewan Soal Penyimpangan Bestek Tak Digubris

ilustrasi


MITRA News-Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Madiun merasa dilecehkan oleh Dinas PU Pengairan Kabupaten Madiun dan CV Duta Pratama. Lantaran, rekomendasi atas temuan penyimpangan bestek dalam proyek rehabilitasi penahan tebing sungai di Desa Tawangrejo, Kecamatan Gemarang, senilai Rp 271,4 juta tidak digubris.

Sebab itu, dalam waktu dekat Dinas PU Pengairan dan pihak rekanan akan dipanggil untuk ’diadili’. “Sidak pertama, kami menemukan pekerjaan asal-asalan, tidak sesuai gambar. Tapi kenyataannya, pekerjaan yang harusnya dibongkar, masih pancet tanpa ada tindaklanjut,” kata Anggota Komisi D Ali Jayadi disela-sela sidak di lokasi proyek setempat, Rabu (10/10/12).

Menurut Ali, pekerjaan yang tidak sesuai Bestek adalah balok pengaman yang seharusnya di cor penahan tebing kali, tapi justru ditemukan tidak di cor sama sekali. Selain itu ditemukan adanya material tidak sesuai standart dan pemasangan besi tanpa ring.

“Hanya di penuhi dengan adonan pasangan saja. Itu sangat bahaya, bisa ambrol dalam waktu tidak lama lagi. Bagaimana bisa pekerjaan mentiadakan bestek. Ini mau jadi apa,” ujar Ali dengan wajah kecewa.

Agus Setyo Budi anggota Komisi D lainnya, justru mempertanyakan motif dibalik semua ini. Pasalnya, semua proyek perencanaannya bagus. Tapi pada prakteknya, pekerjaan banyak yang amburadul. “Hampir semua proyek amburadul. Kalau perencenaannya sich bagus. Ada apa dengan ini semua ?” tanyanya heran.

Pihaknya menuding, biang kerok amburadulnya proyek di Kabupaten Madiun salah satunya adalah karena pengawas yang tidak becus bekerja. “SDM-nya tidak mumpuni. Orang tidak faham bangunan kok disuruh jadi pengawas. Sehingga, ya begini ini jadinya,” ungkapnya

Karena itu, tambah Agus, SKPD, pengawas dan rekanan seharusnya tidak melecehkan Komisi D yang melakukan tugas pengawasan dengan men-inspeksi proyek dibangun dengan duit rakyat.

“Jelas-jelas pekerjaan sudah diperintahkan pengawas untuk dibongkar karena mengurangi volume, tapi buktinya, diabaikan begitu saja. Jangan lecehkan kami dan jangan kibuli kami. Semua proyek pasti akan kami pelototi.,” tandasnya.

Hingga berita ini diturunkan, vpejabat dari Dinas PU BMCK, pengawas dan rekanan belum berhasil dikonfirmasi. (emy).

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: