//
you're reading...
Uncategorized

Asuransi TKW Sulami Hangus

istimewa


MITRA Newsweek-Nasib Sulami (31) TKW asal Desa Banjarejo, Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun terbilang tragis. Meski sudah mengalami dugaan kekerasan dan gaji tidak dibayar, kini hak asuransinya dinyatakan hangus.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Madiun Suyadi mengatakan, hangusnya asuransi Sulami, akibat tidak melakukan perpanjangan di Indonesia, melainkan di Arab Saudi. Padahal sesuai ketentuan perpanjangan dilakukan ditanah air. Perpanjangan berlaku tiap 2 tahun, sedangkan Sulami sudah bekerja di Arab Saudi selama 7 tahun.

”Menyangkut asuransi sudah ditelusuri, ternyata asuransi Sulami hangus. Untuk biaya pengobatan selama berada di Rumah Sakit Kramat Jati, Jakarta, tengah diurus serta ditanggung BNP2TKI,” jelas Suyadi kepada wartawan Senin (8/10/12).

Menurutnya, koordinasi menyangkut pemberian jaminan kesehatan berupa jamkesmasda dan jamkesmas biasa, sementara ini pengobatan dapat berlangsung berkat pandampingan dari berbagai unsur. ”Menyangkut kesehatan lanjutan kami tengah koordinasikan dengan Dinas Kesehatan,” jelasnya.

Data dari penyalur tenaga kerja di Jakarta, Sulami berangkat sejak 2006 silam, setelah itu tidak pernah melakukan perpanjangan. Maka, asuransi pernah dibayarkan tidak dapat ‘diambil’, sebab tergolong kadaluarsa dari masa perpanjangan sebagai TKW.

“Menyangkut gaji dibayarkan penuh atau tidak, kami sudah koordinasikan dengan BNP2TKI dan Kementerian Tenaga, disusul dengan Kementrian Luar Negeri. Kesulitan melacak soal gaji, menyangkut diberikan melalui apa dan lainnya. Kalau ada bukti tertulis mudah dilacak,” ujar Suyadi lagi. (emy/hw)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: