//
you're reading...
Uncategorized

17 PNS Terseret Korupsi, Pidana dan Disiplin


MITRA Newsweek- Belasan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkup Pemerintah Kabupaten Madiun telah dijatuhi sanksi berat. Lantaran terbukti ’nakal’ alias melanggar aturan kepegawaian dan tindak pidana.

Sesuai data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Madiun, tahun 2011 sebanyak 18 PNS melanggar disiplin dan tahun 2012 sebanyak 17 PNS. Tahun ini rata-rata didominasi terlibat kasus pidana umum, korupsi dan mangkir kerja.

”Dari 17 kasus PNS nakal tahun 2012 ini yang ditangani BKD, tiga diantaranya melakukan pelanggaran disiplin kategori berat. Ketiga PNS ini terlibat kasus penyalahgunaan wewenang, pencabulan dan mangkir bekerja hingga 46 hari,” kata Kepala BKD Kab. Madiun Slamet Riyadh.

Dijelaskan, para PNS ’nakal’ itu telah dijatuhi sanksi tegas sesuai aturan, yaitu ada yang dibebaskan dari jabatan, penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama tiga tahun dan ada yang dipecat.

”Enam PNS terjerat pelanggaran displin ketegori sedang. Ada yang ketangkap judi, menipu dan mangkir kerja. Tapi mereka sudah diberi sanksi, diproses proses oleh inspektorat lalu BKD kemudian terbit SK bupati,” paparnya.

Dari empat PNS nakal yang masih menjalani proses pemberian sanksi, salah satunya adalah KE yang terlibat kasus dugaan penyalahgunaan TPP sebesar Rp 1,7 miliar kasusnya kini ditangan Polres Madiun.

“Sekarang ini bersangkutan sedang kami proses. Sambil menunggu perkembangan, bersangkutan kami sanksi dengan penurunan pangkat selama tiga tahun dan pengembalian kerugian negara, dan dasarnya pada PP Nomor 53/2010 tentang disiplin PNS,’’ tandasnya.

Pihaknya juga menegaskan, tidak akan tebang pilih dalam memberikan sanksi pada PNS ‘nakal’. Jika terbukti melanggar disiplin, beragam sanksi siap diberikan. Langkah ini dilakukan sebagai fungsi kontrol para PNS agar tidak merugikan pemerintah daerah. ‘’Kalau pelanggaran ringan ya kita bina, tapi kalau sudah berat dan ada inkrah hukumnya bisa berupa penghentian dari PNS dengan tidak hormat,’’ katanya. (emy/hw).

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: