//
you're reading...
Uncategorized

Perekaman E-KTP Kabupaten Madiun Capai 89 Persen


MADIUN (MITRA Newsweek) – Kerja keras petugas perekaman data elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP) Kabupaten Madiun patut diapresiasi. Kendati pelaksanaannya paling akhir, namun hingga pertengahan September ini, proses perekaman data sudah mencapai 89,27 persen dari target 496 ribu wajib E-KTP.

Bahkan, sebanyak 8998 keping e-KTP dari dari Kementerian Dalam Negeri RI sudah mulai didistribusikan di dua Kecamatan, yaitu Gemarang sebanyak 2998 keping dan Dagangan 6000 keping E-KTP. Diprediksi, pada medio Oktober target nasional bisa dituntaskan 100 persen.

“E-KTP yang sudah jadi masih dilakukan verifikasi ulang, sambil menunggu alat dari Kemendagri. Dan nanti semua wajib e-KTP akan diundang untuk mengambil e-KTP. Apabila sudah cocok dengan data base, e-KTP akan diserahkan. Tapi, kalau nanti tidak cocok akan dikembalikan untuk didata ulang,”. kata Sekretaris Daerah Kabupaten Madiun, Sukardi, disela pengecekan e-KTP di Kantor Kecamatan Dagangan Jum’at (21/9/12).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Madiun Pudji Wahju Widodo mengaku perekaman e-KTP sudah hampir selesai. “Sudah kita selesaikan 89, 27 persen dan kita optimis mampu menuntaskan perekaman sampai dengan tenggat 13 Oktober depan,” katanya.

Menurutnya, kendala dialami selama ini diantaranya, karena keterlambatan pengiriman alat, kerusakan alat, data ganda, kematian, pindah tempat, jompo, dan kelahiran yang kesemuanya tidak dilaporkan.

Kendala lain, adalah banyaknya wajib e-KTP berada diluar daerah dan menjadi Tenaga Kerja Indonesia. “Seperti di Kecamatan Dagangan ini, yang menjadi TKI saja hampir 7 ribu lebih,” terangnya sat mendampingi Sekda Sukardi melakukan pengecekan e-KTP.

Secara terpisah, Bupati Madiun Muhtarom mengingatkan kepada wajib e-KTP agar pro aktif datang ke kantor Kecamatan masing-masing untuk melakukan perekaman data. Sebab, tahun 2013 nanti, pembuatan E-KTP akan dikenai biaya.

“Mumpung perekaman e-KTP tahun ini gratis dan biaya ditanggung pemerintah, segera datang ke Kecamatan. Mulai Januari 2013, setiap pelayanan yang menggunakan KTP yang akan dipakai adalah e-KTP. Sebab, KTP sudah tidak berlaku lagi mulai per 1 Januari 2013,” pinta Muhtarom. (emy/mm)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: