//
you're reading...
Uncategorized

Pasien Gagal Ginjal Ngluruk Kantor Bupati

MiTRa-Madiun Puluhan pasien dan keluarga pasien penderita gagal ginjal kembali melakukan aksi damai ngluruk Kantor Bupati Madiun, Selasa (14/8/12). Dalam aksi didampingi LSM Mantra, mereka menuntut agar mereka bisa mengunakan surat pernyataan miskin (SPM) untuk cuci darah gratis.

Aksi ini merupakan imbas tidak dilayaninya peserta cuci darah gratis bagi yang menggunalan SPM. Selain itu buntut meninggalnya seorang pasien cuci darah, Purnanto (50) warga Desa Mojorayung, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Sabtu (11/8) sekitar pukul 19.00 Wib di rumahnya.

“Sudah ada salah satu teman kita yang meninggal karena tidak bisa cuci darah. Kalau hal ini tidak segera di tangani maka akan semakin banyak Purnanto (pasien gagal ginjal yang meninggal Sabtu malam kemarin),” ujar salah satu keluarga pasien Surinem, Selasa (14/8/12)

Puluhan massa tersebut akhirnya diterima di ruang data Pemkab Madiun oleh Kepala Dinas Kesehatan Aries Nugroho dan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Beny Adiwijaya.

Dalam pertemuan tersebut, Aries mengatakan untuk sementara ini, pihak dinas akan menjamin biaya cuci darah sebanyak dua kali sementara menunggu kesepakatan pihak pemkab dengan RSUD dr Soedono Madiun.

“Sementara baru dua kali yang ditanggung kalau seterusnya masih menunggu kesepakatan dengan Rumah Sakit dan Pemprov karena kita sudah punya tunggakan sebesar Rp.700 juta,” kata Aries

Aries menambah, jika dalam batas waktu dua kali cuci darah tersebut kesepakatan belum tercapai pihak pasien bisa mendatangi kantor Dinkes untuk meminta jaminan baru.

“Kalau jaminan habis masih bisa minta lagi selama proses kesepakatan dengan pihak rumah sakit dan kita juga membentuk tim ferivikasi untuk pengecekan kondisi ekonomi pasien yang membawa SPM,” tegasnya. (re)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: