//
you're reading...
Uncategorized

Pemprop Sediakan Kereta Mudik Gratis

MiTRa-Madiun, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur memberikan layanan mudik gratis dengan menggunakan kereta api komuter. Kereta mudik gratis untuk jalur Madiun-Kertosono-Jombang-Mojokerto-Surabaya ini mulai dioperasikan 13 Agustus atau H-6 Lebaran hingga 27 Agustus atau H+7 Lebaran.

Kepala PT KAI Daop VII Madiun M Maula Nurcholis, dua rangkaian kereta komuter tersebut merupakan kereta api kelas ekonomi yang akan dilengkapi dengan pendingin udara atau “air condition” (AC). Masing-masing kereta komuter terdiri dari 5 set dengan kapasitas total 300 kursi.

“Dua kereta tersebut adalah program dari Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Timur dan merupakan sumbangan dari Kementerian Perhubungan khusus untuk mendukung angkutan lebaran tahun ini. Adapun relasi yang direncanakan adalah Surabaya-Madiun,” kata M Maula Nurcholis, Minggu (12/8/12).

Secara teknis, jelasnya, pendaftaran mudik gratis dengan kereta ini sudah mulai dibuka di Dinas Perhubungan Provinsi Jatim di Surabaya dengan sistem kupon sejak 10 Agustus lalu. Setelah itu, pendaftaran akan dilakukan di Stasiun Gubeng Surabaya dan Stasiun Besar Madiun.

“Jika animo masayarakat bagus, rencananya setelah selesai arus mudik Lebaran, kereta ini nantinya akan terus beroperasi untuk jalur sama,” ujarnya.

Devi Damayanti petugas Dishub Jatim menjaga loket menyatakan kupon mudik-balik gratis sebenatnya mulai dibuka sejak Jum’at (10/8) lalu. Namun, pemesan belum begitu banyak saat itu, loket dibuka mulai pukul 09.00-15.00 dengan persyaratan mudah. Pemudik cukup membawa KTP maupun KK bagi pemudik belum punya KTP.

Khusus pemberangkatan dari Stasiun Besar Madiun mulai Selasa (14/8) nanti, baru tercatat sebanyak 14 orang, Rabu (15/8) 20 orang, Kamis (16/8) 40 orang, Jum’at (17/8) 50 orang dan Sabtu (18/8) 52 orang. “KA berangkat pukul 07.00, pendaftar mulai mudik gratis mulai naik tajam dalam 2 hari ini,” ujarnya lagi.

Data yang ada, pemudik berasal dari Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, Nganjuk dan lainnya. Daerah tujuan mulai dari Kertosono, Jombang hingga Surabaya, semua terdata lengkap disertai kopi identitas pemudik.

“Wah, lumayan, mas. Bisa naik KA gratis, kami merasa terbantu progam mudik balik gratis ini. Saya, suami dan 2 anak hendak ke Krian, Sidoarjo, semoga tahun berikutnya ada lagi,” ujar Ny Yeni warga Kecamatan Taman, Kota Madiun saat mendaftar.

Ia menyatakan persyaratan diberikan petugas relatif mudah, sehingga dengan cepat dapat disanggupi calon pemudik. Begitu juga, Harno asal Kabupaten Ponorogo mengaku tahu soal mudik-balik gratis dari pemberitaan mass media. “Saya secara tidak sengaja membaca koran,” ujarnya. (re)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: