//
you're reading...
Uncategorized

P2AT Tak Berfungsi, Puluhan Hektar Sawah Kering

MiTRa-Madiun, Puluhan hektar sawah di Desa Sogo Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun dilanda kekeringan. Lantaran, sumur Proyek Pengembangan Air Tanah (P2AT) bantuan Pemerintah setempat tidak berfungsi.

Sayangnya, pihak eksekutif dan legislative hingga kini terkesan ‘tutup mata’. Belum ada upaya nyata mengatasi masalah dikeluhkan para petani di wilayah setempat.

Joko Pitono (45), penjaga sumur pompa air P2AT mengungkapkan, sejak musim kemarau, mesin P2AT tidak lagi berfungsi. Akibatnya, sekitar 30 hektar lebih lahan pertanian yang ada di desa tersebut kini kering tak bisa ditanami dan petani rugi jutaan rupiah.

“P2AT ini tidak berfungsi. Selama ini, debit airnya susut drastis. Padahal, bulan Juni lalu debit air bisa mencapai 20 liter per detik. Tapi sekarang debitnya sangat kecil sekali, “kata Joko Pitono (45), penjaga sumur pompa air P2AT, Minggu (12/8).

Sementara itu, Sukarno (52) petani setempat mengaku, bayang-bayang bangkrut sudah ada didepan mata lantaran terancam gagal panen. Menyusul, sawah yang terlanjur ditanami padi kini mengering. “Sudah terlanjur ditanami. Eh…baru seumur jagung sumur P2AT-nya mati,” keluhnya.

Ditambahkan, sebenarnya, sumur P2AT yang ada didesanya itu merupakan satu-satunya sumur yang diandalkan petani. Pasalnya, sebagian besar sumur pantek milik petani juga sudah mati. “Tapi nggak tahu mau bagaimana lagi. Nasib petani sudah seperti ini. Ini jelas bangkrut” ujarnya.

Mereka berharap, Pemkab Madiun dan DPRD segera turun tangan membantu keluhan yang dialami para petani setempat. “Nggak ada lagi harapan, kalau DPRD dan Pemkab Madiun tidak segera turun tangan,” ujar para petani.

Hingga berita ini ditulis, pejabat dari dinas berkompeten dan anggota DPRD belum berhasil dikonfirmasi terkait masalah tersebut. (re)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: