//
you're reading...
Uncategorized

Warga Ngawi Kesulitan Air

MiTRa-Ngawi, Satu per satu desa di Kabupaten Ngawi mengalami kekeringan di saat musim kemarau seperti sekarang ini. Hal itu antara lain ditandai dengan keringnya air di sumur milik warga. Salah satunya dialami warga tinggal di Dusun Kasren, Desa Babadan, Kecamatan Pangkur, Kabupaten Ngawi.

Sebab itu, warga mayoritas petani itu mendesak Bupati dan DPRD Kabupaten Ngawi segera turun tangan mengatasi permasalahan dialami warga. Sebab, jika dibiarkan tidak menutup kemungkinan berpeluang mengakibatkan warga diterkena berbagai wabah penyakit.

“Pak Bupati dan Pak Dewan harus ikut cawe-cawe, agar keadaan warga tidak semakin susah. Apalagi, mayoritas warga disini dulu milih Pak Kanang. Wong dulu sebelum pilihan juga datang ke sini kok,” kata Kuswanto tokoh masyarakat setempat.

Menurutnya, selain kebutuhan air untuk petani, warga juga kesulitan mendapatkan air bersih untuk memasak dan minum. Selama ini, warga hanya mengandalkan air sungai yang jaraknya mencapai satu kilometer dari pemukiman warga.

”Sumur pantek milik petani kini mati dan tidak ada sumur P2AT dan saluran irigasi. Nggak tahu bagaimana nasib petani dan warga jika masalah ini dibiarkan,” ungkap Kuswanto.

Pantauan dilapangan, sebenarnya warga banyak yang memiliki sumur sendiri, tapi kini kondisinya sudah banyak yang mengering akibat tidak ada hujan. Akibatnya, untuk kebutuhan mandi, memasak dan minum warga harus mencari air ke sungai dengan membawa timba.

“Sebenarnya ya sambat mas. Wong tiap hari harus mikul air. Tapi mau bagaimana lagi, wong nyatane pemerintah cuma meneng ae,” ungkap Supri warga Dusun Kasren yang tiap harus memikul air lantaran sumurnya mati.

Hingga berita ini diturunkan, pejabat kompoten di lingkup Pemkab Ngawi belum dapat dikonfirmasi. (re)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: