//
you're reading...
Uncategorized

Pasien Cuci Darah Ngluruk DPRD


MiTRa-Madiun, Puluhan pasien cuci darah akibat gagal ginjal asal Desa Mojorayung, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, ngluruk DPRD setempat, Jumat (3/8/12). Pasien pemegang Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) menuntut bisa berobat lagi secara gratis di rumah sakit.

Selain itu, mereka juga mempertanyakan penghentian program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) bagi pasien penderita gagal ginjal sejak 28 Juni 2012.

Mereka yang datang didampingi LSM Mantra langsung diterima Komisi B DPRD Kab Madiun dan Kepala Dinas Kesehatan Kab Madiun Aris Nugroho. Bahkan, ada satu pasien bernama Purnanto datang terbaring diranjang dorong diangkut ambulan.

Purnanto mengaku sudah dua tahun menderita gagal ginjal, tapi sekarang tidak bisa lagi berobat gratis di rumah sakit. “Kami sangat membutuhkan uluran tangan pemerintah supaya suami saya bisa segera berobat, Makanya, ia terpaksa saya angkut kesini biar pemerintah tahu,” ungkap Purnanto dihadapan Komisi B DPRD Kab Madiun, Jum’at (3/8/12).

Rata-rata mereka menjadi pasien Jamkesda sudah sejak tahun 2011 lalu. “Ini kenapa. Kami ini bingung. Mau berobat tapi tidak punya biaya. Yang saya andalkan hanya Jamkesda dari pemerintah,” ujarnya.

Sumardi warga miskin lainnya mengungkapkan, sedih melihat kondisi kakaknya Sujoko yang juga pasien gagal ginjal. Karena saat cuci darah justru ditolak oleh rumah sakit, akibatnya frustasi hingga nekat mencoba bunuh diri.

“Gara-gara tidak bisa berobat, nyawa kakak saya hampir tak bisa diselamatkan. Dia frustasi dan nekat akan gantung diri, Tiap hari saya menungguinya terus,” ungkapnya. Karena itu, para pasien minta adanya perhatian dari Pemkab Madiun terhadap kondisi yang dialaminya saat ini.

Dalam kesempatan itu, Ketua LSM Mantra Subari mendesak DPRD dan pemerintah agar para pasien mulai minggu depan bisa berobat lagi. “Pak Dewan harus berani memberikan jaminan kepada mereka itu agar bisa berobat lagi mulai minggu depan,” kata Subari dengan nada lantang. (re)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: