//
you're reading...
Uncategorized

Korban Tragedi’65 di Madiun Menuntut Keadilan

* Minta Rehabilitasi dan Kompensasi

MiTRa-Madiun, Bertahun-tahun dipenjara tanpa diadili dan diberangus hak-hak sipilnya, ribuan eks narapidana dan tahanan politik peristiwa kekerasan 1965 di wilayah Madiun, terus menuntut keadilan. Para korban’65 sebagian besar berusia di atas 60 tahun itu tetap menuntut pemerintah segera memberi rehabilitasi dan kompensasi atas dosa politik rezim Orde Baru yang telah merampas hak-hak mereka.

Hal itu terungkap saat pertemuan rutin para korban’65 tergabung dalam Lembaga Perjuangan Rehabilitasi Korban Rezim Orde Baru (LPR-KROB) dan Paguyuban Eks Tapol Korban’65 eks Karesidenan Madiun, di sekretariat LPR-KROB Madiun belum lama ini.

“Kami tetap meminta pemerintah segera merealisasikan tuntutan yang sudah lama kami sampaikan, yaitu rehabilitasi dan kompensasi bagi seluruh korban’65, baik sipil, sosial, politik dan ekonomi,” kata Ketua LPR-KROB, Ch. Soekrisno.

Sesuai konstitusi negara ini, para korban’65 mempunnyai kesetaraan hak kewarganegaraan, namun selama puluhan tahun telah dikurangi dan dihilangkan kewarganegaraannya. Karena itu, pengurangan hak korban’65 sudah sepatutnya harus dicabut dan dihapuskan.

“Berdasarkan keterangan Komnas HAM, apa dialami korban’65 merupakan bentuk pelanggaraan berat hak azasi manusia (HAM), yang bertentangan dengan Pancasila dan melanggar UUD 1945,” katanya.

Dijelaskan, belum lama ini perwakilan para korban’65 Madiun sudah mengadukan nasibnya ke LSM Kontras, Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) di Jakarta. Hasilnya, hak-hak korban’65 akan diperjuangkan.

“Keterangan LPSK, pemerintah mengalokasikan dana Rp. 50 miliar untuk kompensasi kesehatan gratis bagi korban’65. Karena itu, kita diminta mengisi blangko tentang lembar permohonan perorangan perlindungan saksi dan korban dari LPSK,” ujarnya seraya menekankan korban’65 tetap menuntut rehabilitasi dan kompensasi menyeluruh, bukan hanya kompensasi kesehatan gratis dan waktu dekat akan ke Jakarta lagi. (yu)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: