//
you're reading...
Uncategorized

Sukiman Siap Bertarung Lawan Incumbent

* Pengembalian Berkas Dikawal Puluhan Pendukung

MiTRa-Madiun, Manuver politik incumbent bupati Madiun Muhtarom yang terkesan mengekor langkah politik rivalnya, ternyata tidak membuat Sukiman kendor. Bahkan, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Madiun itu, justru siap bersaing merebutkan tiket calon bupati dari PDIP.

Keseriusan Sekda Kabupaten Trenggalek itu dibuktikan dengan mengembalikan berkas pendaftaran dan dokumen persyaratan bakal calon bupati ke DPC PDIP setempat, Senin (23/7/12) pagi. Salah satunya bukti ribuan tanda tangan dukungan.

Kedatangannya didampingi isteri tercinta serta diarak puluhan pendukungnya dari segala lapisan masyarakat. Dan diterima Sekretaris DPC PDIP Subari, Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Bacabup DPC PDIP, Yanto serta Sekretaris Panitia Edi Wiyanto.

“Saya tidak mau berandai-andai. Yang penting bagaimana caranya usaha maksimal. Karena saya maju itu serius. Saya optimis. Bismillah dan Alhamdulillah,” kata Sukiman saat dikonfirmasi soal rivalnya incumbent yang ikut maju merebutkan rekomendasi dari PDIP.

Menurutnya, penjaringan bacabup yang dibuka PDIP terbuka untuk umum. Sehingga siapapun mempunnyai hak untuk mendaftarkan diri sebagai bacabup maupun bakal calon wakil bupati (bacawabup). “Boleh-boleh saja dan sah-sah saja itu. Yang penting mengikuti kemanisme.Yang golnya adalah untuk keluarnya rekomendasi dari PDIP,” katanya.

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Madiun Subari mengatakan, pasca pengembalian berkas dokumen oleh Sukiman, pihaknya beserta panitia akan melakukan tahap verifikasi administrasi dan faktual. Diantaranya, soal domisili maupun ijazah sampai jenjang pendidikan tinggi.

”Kita akan melakukan verifikasi, dan soal verifikasi ijazah kita juga akan datang langsung ke sekolahan terkait, sampai pada tingkat perguruan tinggi,” kata Subari kepada wartawan, Senin (23/7/12).

Diketahui, tercatat ada tiga bacabup dan lima bacawabup yang sudah mengambil formulir di PDIP. Dua bacabup lainnya yaitu Muhtarom dan Y. Ristu Nugroho, diperkirakan pekan depan baru mengembalikan berkas pendaftaraan. Termasuk lima bacawabup, yaitu Heni Dwi Sulistyaningsih Direktris PT Diantama Talenta Prima), Supriadi, Sofia Ervan, Budi Hartono dan Subari.

Berebut Dukungan Parpol

Rivalitas antara Sukiman dengan Muhtarom sejak awal memang cukup sengit. Selain perang cipta opini, keduanya juga bersaing memperebutkan dukungan dari sejumlah partai politik (parpol) yang memiliki kursi di DPRD setempat.

Faktanya, mantan tim sukses Muhtarom 2008 yang sempat ’teraniaaya’ akibat politisasi birokrasi di lingkup Pemkab Madiun, sebelumnya juga sudah upaya menjalin ’asmara politik’ dengan Partai Golkar. Bahkan diwacanakan akan berdampingan dengan Bagus Rizki Dinarwan Ketua DPD Partai Golkar, namun diterpa isue perpecahan, hingga akhirnya juga ikut penjaringan dibuka partai berlambang moncong putih.

Sedangkan Muhtarom yang juga sebagai Ketua DPC PKB Kabupaten Madiun itu tampaknya mulai membangun ’dinasty’ dengan Ketua Partai Demokrat Iswanto (wakil bupati Madiun) untuk kembali duet dalam Pilkada periode 2013-2018 mendatang. Bahkan, rumornya ’jalinan asmara’ dengan elit politik di PDIP terus dibangun demi meraih dukungan.

“Analisa secara makro, incumbent masih tetap kuat. Sebab unggul dari sisi sistem maupun logistik. Baik sistem politik dan birokrasi. Apalagi, incumbent merupakan politisi yang sudah malang melintang di dunia pencak politik,” ungkap Wahyu, pengamat politik lembaga consultan dan survei di Madiun saat dimintai tanggapan, Senin (23/7). (re)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: