//
you're reading...
Uncategorized

Polres Madiun Antisipasi Titik Rawan Kecelakaan dan Macet

ilustrasi

MiTRa-Madiun, Kepolisian Resor (Polres) Madiun mulai mengantisipasi sejumlah titik rawan kecelakaan lalu lintas dan kemacetan tersebar di sejumlah ruas jalan arus mudik dan balik Lebaran 2012 di wilayah Kabupaten Madiun.

Pantauan Memo dilapangan, Jumat (20/7/12) jajaran anggota Satuan Lalu Lintas Satlantas Polres Madiun diterjunkan untuk mengecek dan menganalisisi kondisi jalan, khususnya titik rawan kecelakaan dan membuat rekayasan jalan guna mengatasi kemacetan.

“Kami sudah mulai melakukan pengecekan semua kondisi jalan khususnya titik rawan kecelakaan. Bahkan, beberapa skenario untuk kenyamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran para pengguna jalan yang sedang mudik dan balik, juga sudah kami siapkan,” kata Kasat Lantas Polres Madiun, AKP Ganang Nugroho Widi, kepada wartawan Jumat (20/7/12).

Sesuai data Memo, di wilayah Kabupaten Madiun sedikitnya ada 10 titik yang dinilai rawan kecelakaan lalu lintas, di antaranya terdapat di jalur Madiun-Ponorogo, tepatnya di titik atau lokasi Kecamatan Geger dan Dolopo, serta jalur Madiun-Surabaya tepatnya di titik Nglames Kecamatan Madiun dan wilayah Saradan.

Sedangkan, ‘spot’ yang dinilai paling rawan terdapat di daerah Saradan. Selain rawan kecelakaan, juga rawan kemacetan karena terdapat dua perlintasan kereta api. Apalagi, sesuai catatan, sedikitnya 48 kereta api yang melintas di perlintasan tersebut selama arus mudik Lebaran.

Guna menekan kemacetan tersebut, jelas Ganang, pihaknya sudah menyiapkan jalur aternatif, yakni jalur masuk dari arah Solo-Ngawi menuju Caruban akan dialihkan melalui jalan Patimura Caruban, jalur Desa Bajulan, jalur Desa Bongsopotro dan jalur Desa Sidorejo, Kecamatan Saradan.

Untuk jalur dari arah Surabaya akan dialihkan melalui jalur Desa Kaligunting ke kiri menuju arah Bungkus. Sedangkan dari arah Madiun hanya akan diberlakukan satu jalur saja. “Jalur aternatif tersebut, difungsikan saat jalan sudah macet total,” tambah perwira dikenal supel dan cerdas ini.

Selain jalur alternatif, pihaknya juga mengimbau kepada para pengguna jalan untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada di sepanjang jalan dan tidak saling berebut mendahului kendaraan lainnya. “Hal ini sebagai langkah efektif mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas,” pintanya. (re)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: