//
you're reading...
Uncategorized

Sidang Mediasi Kasus Ijasah Palsu Bupati Diwarnai Demo

MiTRa-Madiun, Sidang mediasi gugatan perdata soal penanganan perkara ijasah Muhtarom, di Pengadilan Negeri (PN) Kota Madiun Jawa Timur, diwarnai aksi demo dari massa Pentas Gugat Indonesia (PGI), Senin (16/7/12).

Mereka menuntut majelis hakim mengabulkan gugatan PGI, agar penanganan kasus dugaan penggunaan ijazah palsu Muhtarom dari Polres Madiun dilimpahkan ke Polres Madiun Kota. Selain itu, juga meminta Polres Madiun Kota menerbitkan surat laporan polisi, setelah ada pelimpahan perkara.

“Kami gugatan kami dikabulkan, supaya penanganan perkara penggunaan ijasah palsu Muhtarom dilimpahkan ke Polres Madiun Kota,” ujar juru bicara Pentas Gugat Indonesia Jono, saat berorasi.

Selain orasi, massa juga mengusung spanduk bertuliskan “Menuntut majelis hakim Pengadilan Negeri Kota Madiun mengabulkan gugatan para penggugat untuk melimpahkan penanganan dugaan penggunaan ijazah palsu Muhtarom dari Polres Madiun ke Polres Madiun Kota, serta meminta Polres Madiun Kota menerbitkan laporan Polisi setelah pelimpahan dilakukan.”

Dalam sidang mediasi antara PGI dengan Polres Madiun dipimpin Hakim Mediator Arif Budi Cahyono. SH, itu tidak membuahkan kesepakatan. “Penggugat maupun tergugat bersikukuh dengan pendapat masing-masing,” ujar hakim mediator, Arif Budi Cahyono.

Penggugat tetap berpendapat pelimpahan penanganan perkara dugaan pengunaan ijazah palsu Muhtarom, karena locus delicti penyerahan ijasah dipakai persyaratan pada Pemilukada Kab. Madiun tahun 2008 di KPUD berada di wilayah hukum Kota Madiun. Sebaliknya, Polres Madiun bersikukuh mempunnyai hak melakukan penanganan perkara, meski kejadiannya berada di luar wilayah hukum Polres Madiun.

“Dasar hukum kami adalah Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara RI Pasal 17 dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang KUHAP pasal 9, karena itu penanganan perkara ijasah itu harusnya segera dilimpahkan,” kata Heru Kuncahyono Ketua PGI usai persidangan.

Selanjutnya sidang ditutup dan akan dilanjutkan secara terbuka pada tanggal 23 Juli 2012 sekitar pukul 09.00 Wib. (re)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: