//
you're reading...
Uncategorized

Politisi Perempuan PDIP Macung Cawabup

* Janji Sejahterakan Kaum Perempuan Miskin

MiTRa-Madiun, Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Madiun pada Mei 2013 mendatang mungkin akan menjadi tonggak sejarah. Sebab, pesta demokrasi lima tahunan ini bakal diikuti sosok retno dumilah masa kini.

Salah satunya, adalah politisi PDIP, Heni Dwi Sulistyaningsih. Senin (16/7/12), rencananya akan mendaftarkan diri ke DPC PDIP untuk maju sebagai bakal calon wakil bupati (cawabup) periode 2013-2018.

Niatnya bendahara PAC PDIP Kecamatan Wungu ini maju sebagai bacabup bukan tanpa alasan. Dia terpanggil, setelah melihat banyaknya kaum perempuan di Kabupaten Madiun yang masih termaginalkan maupun marginal.

Karena itu, sebagai kader PDIP tulen, dirinya punya tanggungjawab moral untuk mengangkat harkat martabat serta hak-hak perempuan. Terpenting, membuktikan kepada publik, bagaiaman wanita harus berani keluar dari kebodohan, kemiskinan dan tampil sebagai wanita cerdas.

“Insyaallah, saya siap maju sebagai calon wakil bupati lewat PDIP. Sebagai perempuan, saya ingin menujukkan, bahwa kaum perempuan pun punya kekuatan tak tertandingi,” kata Heni yang juga sebagai Direktris PT Diantama Talenta Putra, Jum’at (13/7/12).

Menurut Heni, pilihannya maju sebagai calon wakil bupati sangat realistis. Pasalnya, saat ini udah banyak tokoh dari birokrasi, politisi, pengusaha dan Kepala Desa yang telah mendeklarasikan diri sebagai calon bupati. Sedangkan kaum perempuan belum terdengar suaranya. Padahal suara perempuan adalah suara Tuhan.

Sebab itu, tambah Heni, jika nanti mendapat restu dari partai sebagai cawabup, ia akan berupa maksimal meningkatkan potensi dimiliki kaum perempuan demi kesejahteraan bersama. Seperti yang sudah dilakukan bersama suaminya memberi bantuan sekitar 8 ribu listrik gratis bagi kaum miskin.

“Jika dikehendaki dan Tuhan mengijinkan, saya berupaya berjuang untuk meningkat kesejahteran kaum perempuan di Kabupaten Madiun. Sebab, pemilih terbesar adalah perempuan,” ungkap isteri Iwan Susanto Ketua Yayasan Terang Untuk Bangsa ini.

Diketahui, penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Madiun yang dibuka DPC PDIP, hingga memasuki hari ketujuh masih sepi peminat. Yang mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon bupati baru mantan Sekda Kabupaten Madiun Sukiman.

Sedangkan wacana berkembang, selain nama Sukiman, ada sejumlah figur lain yang masuk dalam survey internal PDIP bakal macung lewat PDIP. Diantaranya, Incumbent bupati Muhtarom, Kusno Kades Sukosari, Mujono Wakil Ketua DPRD Kab Madiun. Uniknya, hasil survey PDIP, justru figure incumbent lebih unggul. “Survey dilakukan PDIP telah menempatkan nama mBah Tarom yang juga Ketua DPC PKB pada urutan pertama,” ujar sumber Memo yang namanya minta tidak disebutkan.

Majunya politisi perempuan PDIP mendapat apresiasi dari lembaga consultan dan survey Pusar Inti Karya (PIK). Menurut pandangannya, jika merujuk pengalaman pemilihan presiden dan pemilihan umum kepala daerah elektabilitas (tingkat keterpilihan) perempuan cukup besar, prospektif dan perspektif.

Apalagi, sesuai data di KPU, kaum perempuan sangat mendominasi dalam menggunakan hak pilihnya di TPS-TPS dibandingkan dengan kaum laki-laki. “Karena itu, jika figur perempuan yang punya integritas dan kapasitas ideal ditampilkan menjadi calon Bupati ataupun wakil bupati, jelas sangat potensial dan mempunyai peluang besar memenangkan pertarungan,” kata Wakil Direktur PIK Drs. Tribudi diwawancari Memo di kantornya. (jur)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: