//
you're reading...
Uncategorized

Ratusan Petani Tuntut Bangun Waduk Kresek

Mitra-Madiun, Keinginan Pemerintah Kabupaten Madiun membangun waduk Kresek yang sejak lima tahun lalu ‘kandas’, kini mulai mendapat dukungan. Selasa (3/7/12) siang, ratusan petani berunjuk rasa menuntut percepatan pembangunan waduk Kresek yang berlokasi di wilayah Kecamatan Wungu.

Massa tergabung dalam sejumlah kelompok tani, sekitar 600 orang itu berasal dari Kecamatan Wungu, Kecamatan Dagangan dan Kecamatan Geger. Awalnya, mereka unjuk rasa di kantor DPRD setempat dan selanjutnya di Kantor Pemkab Madiun.

Koordinator aksi, Suharno Ketua KTNA Kabupaten Madiun mengatakan, warga berharap waduk Kresek segera dibangun agar pengairan di kawasan lereng Gunung Wilis lebih terjamin. “Setiap kemarau, areal pertanaman warga selalu menjadi korban kekeringan bahkan saat ini 500 hektar mengalami puso,” kata Suharno.

Kemudian perwakilan massa diterima dialog oleh Ketua DPRD Kab. Madiun Sdr. Y. Ristu Nugroho, ST yang didampingi oleh Ketua Komisi D DPRD Kab. Madiun Sdr. Sarwo Edy. Menurut Ristu, pembangunan waduk Kresek bukan merupakan kewenangan Pemerintah Pusat.

Meski demikian, tambah Ristu, pihaknya berjanji bersama Pemkab Madiun akan tetap mendukung serta memperjuangkan aspirasi kelompok tani Kab. Madiun. “Komisi D akan mengagendakan dan memfasilitasi untuk disampaikan ke Pemerintah Pusat hingga terwujudnya pembangunan Waduk Kresek,” kata Ristu.

Selanjutnya, massa bergerak aksi menuju Kantor Pemkab Madiun. Mereka melakukan orasi dan menuntut agar pembangunan waduk tetap di Desa. Kresek Kec. Wungu.

Asisten I Pemerintah Kabupaten Madiun Sdr. Budi Cahyono mengatakan, rencana pembangunan waduk Kresek mulai 2007 hingga saat ini masih dalam pengkajian dan study oleh Tim.

Karena pembangunan waduk bukan hal yang remeh dan menyangkut banyak hal, sehingga harus dilakukan pengkajian secara khusus, akan tetapi semua aspirasi dan tuntutan tetap diakomodir dan akan disampaiakan kepada Bupati Madiun,” kata Budi dihadapan perwakilan massa.

Dalam aksi berakhir sekitar pukul 12.00 Wib itu, massa juga mengusung sejumlah poster diantaranya bertuliskan, “wujudkan waduk kresek, para wakil rakyat dengar suara kami, bagaimana bisa sejahtera tanam saja tidak bisa, stop kebohongan janji manismu pak bupati, tanpa waduk tanaman akan mati, jangan aniaya petani,”.

Diketahui, Pemkab Madiun berencana membangun dua waduk. Yaitu pembangunan waduk Kresek dan waduk Tugu di Desa Tawangrejo Kecamatan Gemarang. Rencana tersebut sudah disampaikan ke pemerintah pusat dan propinsi Jatim. Namun sesuai keterangan Wakil Bupati Madiun Iswanto, kini tinggal menunggu hasil kajian dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur. (re)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: