//
you're reading...
Uncategorized

Soal Temuan BPK, Dindik Tuding Pemprop Bersalah

Pilarnews-Madiun, Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun tampaknya berusaha mencari pembenar dan menuding Pemerintah Propinsi Jawa Timur yang bersalah. Menyusul temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, soal realisasi anggaran proyek Unit Sekolah Baru (USB) SMKN 1 Mejayan senilai Rp. 15 miliar yang tidak melalui mekanisme APBD.

Menurut Plh Kepala Dinas Pendidikan Kab Madiun Slamet Riyadi, sesuai temuan BPK tersebut sebenarnya bukan karena kesalahan Dinas Pendidikan semata. Namun juga kesalahan pihak Pemprop Jatim.

“Podho-podho salahe. Karena saat itu, posisi APBD kita sudah di dok. Tiba-tiba bulan Juli kita dapat berita bantuan. Akhirnya ada temuan BPK itu.” ujar pria yang juga menjabat Kepala BKD ini.

Kendati masih menyisahkan masalah sesuai temuan BPK, pelaksanaan proyek dikerjakan PT. Sarana Multi Usaha (SMU) selaku pemenang tender juga terancam molor. Sebab, alokasi anggaran untuk pengerjaan proyek Pemprop Jatim tersebut harus menunggu APBD Perubahan (PAK).

Terkait hal itu, Slamet mengaku jika tidak ada permasalahan. Alasannya, pihak rekanan bisa lebih dulu mengerjakan dengan mencari dana talangan. “Sambil menunggu PAK agar realisasinya sesuai ketentuan, rekanan khan bisa cari talangan dulu untuk memulai pekerjaan,” terangnya.

Disinggung pelaksanaan tender, Slamet mengatakan, hal itu dilakukan menyusul keluarnya surat dari Pemprop Jatim No. 421.5/31.02/103.05/2012 tertanggal 15 Mei 2012. “Intinya surat itu menyebutkan, sambil menunggu PAK, proses lelang diperbolehkan berjalan,” katanya, Kamis (28/6) kemarin.

Informasi lain menyebutkan, PT. Sarana Multi Usaha (SMU) baru akan menandatangani kontrak pada tanggal 4 Juli depan. Sedangkan waktu yang di patok selama enam bulan atau akan berakhir pada Desember tahun ini.

Secara keseluruhan dana proyek USB SMKN 1 Mejayan sebesar Rp. 15 miliar. Rinciannya Rp. 8,010 miliar untuk pembangunan konstruksi, Rp. 4, 9 miliar untuk sarana dan prasarana lainnya sedang sisanya kurang lebih Rp. 3 miliar digunakan untuk biaya umum dan mebeler. (rem)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: