//
you're reading...
Uncategorized

Irigasi Bobrok, Dinas Pengairan ‘Tutup Mata’

Pilarnews-Madiun, Sejumlah bangunan saluran irigasi di wilayah Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun Jawa Timur bobrok dan sebagian ambrol. Sayangnya, Dinas PU Pengairan setempat terkesan ‘tutup mata’ atas kondisi tersebut.

Bangunan irigasi yang rusak parah tersebut, diantaranya di kawasan Dusun Gonalan, Desa Kebonagung, Kecamatan Mejayan, sepanjang satu kilometer dan di Dusun Dukuhan, Kebonagung, sepanjang 400 meter. Kini, sebagian besar petani mulai kelimpungan soal kebutuhan air.

Menurut sejumlah petani, kerusakan bangunan saluran irigasi di desa setempat sebenarnya sudah lama, karena usia bangunan sudah hampir 10 tahun. Meski demikian, tidak pernah ada perhatian dari dinas terkait.

“Sepanjang satu kilometer kondisi bangunan sudah rusak, batu tembok saluran mrotholi bahkan ada pula yang ambrol. Tapi belum ada perbaikan,” ungkap Karjito kepada wartawan.

Karena kondisi itu, tambahnya, kalangan petani mulai khawatir kesulitan air. Sebab, saluran irigasi tersebut sangat dibutuhkan petani apalagi memasuki musim kemarau sekarang ini.

‘’Kalau nggak diatur kayak gini, airnya sering bocor kemana-mana dan imbasnya debitnya berkurang. Ya gimana lagi wong salurannya sudah rusak parah seperti itu,’’ tambah Karjito.

Sementara itu, Supadi, seorang perangkat Desa Kebonagung dikonfirmasi mengakui jika saluran irigasi yang melewati dusun Gonalan merupakan andalan petani. Sebab mengaliri 35 hektar sawah di dusun tersebut dan 50 hektar sawah di desa Sidoadi.

‘’Ini satu-satunya harapan petani saat musim kering. Kalau debit air di Gonalan mengecil, bisa dipastikan sawah di bawah, tepatnya di Sidodadi bisa mengering. Sebab airnya lari ke hutan,’’ kata Supadi.

Pihaknya juga mengaku, jika tahun lalu sudah berupaya mengajukan perbaikan, namun baru saluran sepanjang 300 meter yang diperbaiki, sedangkan sisanya belum ada kejelasan. ‘’Kalau perbaikan diserahkan ke petani atau desa jelas tidak bisa, pakai anggaran mana lagi,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan, pejabat yang berkompeten belum berhasil di konfirmasi terkait masalah ini. (rem)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: