//
you're reading...
Uncategorized

Proyek USB SMKN I Rp. 15 M Tidak Melalui Mekanisme

Pilarnews-Madiun, Proyek pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMKN 1 Mejayan Kabupaten Madiun menelan dana sekitar Rp. 15 miliar sarat jadi ajang ‘bancakan’. Sebab, sesuai temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, realisasi anggaran proyek tidak melalui mekanisme APBD Kab. Madiun.

Sesuai data diterima Memo, dana proyek USB bersumber dari APBD Pemprop Jatim itu, telah dicairkan dua tahap yaitu pada tanggal 30 September sebesar Rp. 6 miliar dan tanggal 19 Desember sebesar Rp. 9 miliar.

“Seharusnya, jika realisasi anggaran tidak melalui mekanisme APBD, maka secara hukum tidak memiliki dasar untuk direalisasikan,” kata sumber Memo yang enggan disebutkan namanya.

Meski sudah disemprit oleh BPK, proses pelaksanaan proyek tetap berjalan, tanpa ada warning dari legislatif maupun eksekutif. Termasuk kegiatan tender yang kini dimenangkan oleh PT. Sarana Multi Usaha (SMU).

Dari 47 rekanan yang mengikuti tender, hanya PT. SMU yang memberikan harga penawaran kurang lebih Rp 8,010 miliar dari harga pagu sekitar Rp. 8,812 miliar dan harga HPS Rp 8,615 miliar. Sehingga oleh panitia lelang dinyatakan sebagai pemenang untuk proyek yang oleh BPK dianggap bermasalah.

Pantauan dilapangan, Rabu (27/6/12) tim dari rekanan sudah mulai melaksanakan pekerjaan proyek. Salah satunya pengukuran dan striping. “Ini sudah mulai pengukuran,” ujar salah seorang pemasok material yang namanya enggan disebutkan, ditemui dilokasi Rabu (27/6).

Diketahui, proyek USB SMKN 1 Mejayan dibangun diatas lahan sekitar 3,5 hektare berlokasi di kawasan Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Pandean, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun. USB memiliki dua kelas, yaitu kelas kewirausahaan dan tenaga kerja serta tiga lulusan meliputi, agrobisnis, manufacturing dan IT.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, sejumlah pihak dan pejabat kompeten belum berhasil dikonfirmasi. Termasuk pejabat Dinas Pendidikan selaku lembaga penerima proyek. (re)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: