//
you're reading...
Uncategorized

Distribusi Raskin Terkendala SK Bupati

* Tunggakan Raskin Capai Rp. 57,9 Juta.

Pilarnews-Madiun, Distribusi beras miskin (raskin) untuk bulan Juni ini masih menyisakan masalah. Selain terkendala surat keputusan (SK) Bupati Madiun tentang alokasi penerima raskin, juga karena faktor tunggakan pembayaran raskin di delapan Kecamatan yang mencapai Rp 57,9 juta rupiah.

Kepala Bulog Sub Divre IV Madiun Taufan Akib membenarkan jika saat ini belum bisa menyalurkan raskin. “Proses penyaluran ini masih belum bisa dilakukan, karena masih terkendala Surat Keputusan (SK) dari Bupati Madiun yang sampai saat ini belum turun,” kata Taufan kepada wartawan, Selasa (12/6/12).

Taufan berharap, Bupati Madiun segera menerbitkan SK untuk penetapan alokasi Raskin untuk masing-masing kecamatan. Sehingga, raskin yang sudah siap didrop, secepatnya didistribusikan untuk dimanfaatkan oleh warga miskin. “Kami minta SK-nya harus segera diterbitkan” pintanya.

Sementara itu, delatan Kecamatan yang masih nunggak raskin, yaitu Kecamatan Saradan (Rp. 13 juta); Kecamatan Kebonsari (Rp. 2,7), Kecamatan Geger (Rp. 2,2 juta) Kecamatan Dagangan (Rp. 11,5 juta);Kecamatan Karee (Rp. 14,7 juta) Kecamatan Gemarang (Rp. 8,5 juta); Kecamatan Balerejo (Rp. 3,2 juta); dan Kecamatan Mejayan (Rp. 1,7) juta).

”Tunggakan bulan Mei yang belum dibayar jumlahnya mencapai Rp. 134 juta lebih. Namun, pada bulan Juni jumlah tunggakan itu menyusut dan tinggal sekitar Rp 57,9 juta,” jelas Taufan.

Karena itu, terang Taufan, pihaknya untuk sementara menghentikan distribusi raskin kepada 20 desa di delapan Kecamatan tersebut. ”Kami minta Pemkab Madiun menyiapkan dana cadangan untuk nalangi tunggakan pembayaran raskin. Disamping itu, idealnya juga menyiapkan dana talangan supaya penyaluran raskin tidak terhambat,” pintanya.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, pejabat Pemkab Madiun yang kompeten dengan masalah ini, belum ada yang memberikan komentar atas macetnya SK Bupati.

Diketahui, jumlah penerima raskin di Kabupaten Madiun untuk bulan Juni ini melonjak tajam menjadi 70.296 rumah tangga sasaran (RTS) atau naik lebih dari 20 ribu dari sebelumnya hanya 50.429 RTS. Praktis, jatah raskin 15 kilogram per RTS per bulan, juga naik dari 756.435 kg tiap bulan menjadi 1.054.350 kg tiap bulan. (re)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: