//
you're reading...
Uncategorized

Bakesbangpol Kembalikan Dana Bantuan Bencana Sesuai Temuan BPK

Pilarnews-Madiun, Temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) soal dugaan penyalahgunaan dana bantuan korban bencana alam sebesar Rp. 30.250.000, di Pos Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Dalam Negeri Kabupaten Madiun akhirnya dikembalikan.

“Soal temuan BPK, sudah dikembalikan,” kata Kurnia Aminulloh, BA Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri Kabupaten Madiun, saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (31/5).

Menurutnya, temuan BPK tentang permasalahan realisasi anggaran bagi 144 korban bencana alam di dua Kecamatan Kabupaten Madiun, hanya masalah teknis. Sehingga BPK memberikan rekomendasi.

“Tapi sudah kita tindaklanjuti bulan April lalu, jumlah dan item sesuai dengan temuan BPK. Sehingga Sudah tidak ada masalah,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, temuan BPK itu atas hasil sampling terhadap 21 orang penerima bantuan di dua Kecamatan (korban angin puting beliung, korban tanah longsor dan korban kebakaran rumah) yang totalnya sebesar Rp. 55.500.000,-.

Dari jumlah itu, para korban bencana alam hanya menerima sebesar Rp. 25.250.000,-. Sehingga ada selisih dana sebesar Rp. 30.250.000,- yang disemprit oleh BPK.

BPK menilai kondisi tersebut telah melanggar PP No. 58/2005 pasal 61 ayat 1, Permendagri No. 13/2006 jo Permendagri No. 59/2007 pasal 4 dan pasal 132. hal ini disebabkan, tidak adanya pengawasan yang memadai dari Kepala Bakesbangpol dan Linmas atas pendistribusian bantuan dan kelalian bendahara pembantu dan PPTK Bidang Perlindungan masyarakat tidak mendistrusikan bantuan sesuai jumlah yang seharusnya.

Karena itu, BPK merekomendasikan kepada Bupati Madiun agar memberikan teguran dan sanksi kepada Kepala Bakesbangpol dan Linmas dan memerintahkan Kepala bakesbangpol dan Linmas untuk memberikan teguran kepada bendahara dan PPTK. Dan pada 13 April 2012 sudah dikembalikan ke Kasda. (re)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: