//
you're reading...
Uncategorized

Raperda PD. BPR Ditolak Dewan

* Pariwisata Tanggungjawab Eselon II

PilarNews-Madiun, Satu dari lima rancangan peraturan daerah (Raperda) diusulkan eksekutif Pemkab Madiun akhirnya ditolak legislatif. Yaitu, raperda tentang perubahan atas Perda Nomor 6 Tahun 2008 tentang Perusahaan Daerah (PD) Bank Perkreditan Rakyat Bank Daerah Kab Madiun.

Ketua Panitia Khusus (pansus) I, H. Ichsan Asyhari mengatakan, tidak ditetapkannya raperda tersebut karena beberapa hal, terutama belum terpenuhinya cakupan materi dengan tujuan yang diharapkan antara Pansus dengan tim eksekutif atas raperda itu.

“Atas kesepakatan bersama Pansus dan tim eksekutif, raperda belum dapat ditetapkan. Karena itu, tim eksekutif wajib melakukan penyempuraan materi maupun subtansi raperda, sehingga dapat segera dibahas pada persidangan tahun 2012,” kata H. Ichsan Asyhari.

Empat raperda digodok Pansus I dan II diantaranya, tentang PDAM “Tirta Dharma Purabaya”, Pengelolaan Sampah, Perusahaan Daerah Obyek Wisata Umbul dan Pencabutan Perda Tingkat II Madiun Nomor 9 tahun 1963 tentang Pendirian Perusahaan Daerah Pergudangan Kapuk Randu Agung.

“Berdasarkan surat keputusan bersama DPRD dan Bupati Madiun Nomor 9 tahun 2012 tanggal 25 Mei 2012, empat raperda sudah ditetapkan menjadi Peraturan Daerag yang difinitif,” kata Ketua DPRD kab Mdiun Y. Ristu Nugroho.

Sementara itu, dari empat raperda ditetapkan, yang menarik adalah raperda PD Obyek Wisata Umbul. Sebab Pansus II telah merekomendasikan agar urusan kepariwisataan dibawah tanggungjawab Satuan Kerja setingkat eselon II.

”Rekomendasi ini berdasarkan himbauan Dirjen Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif, saat Pansus melakukan konsultasi,” kata Ketua Pansus II Ririn Ekorinawati.

Sedangkan mengenai pengelolaannya, terang Ririn, akan diserahkan kepada pihak swasta dalam hal ini PT atau BLU. Untuk pengangkatan jabatan direktur harus melalui fit an propertest, karena menyangkut pertanggungjawaban keuangan daerah. ”Mengenai aset di obyek wisata umbu diharapkan sebagai saham awal dan tetap,” jelasnya. (re)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: