//
you're reading...
Uncategorized

Pemkab Madiun Siapkan Raperda Pengelolaan Sampah

* Golkar : Jaminan Kesejahteraan Bagi Petugas Sampah

Pilarrakyat-Madiun, Pemerintah Kabupaten Madiun mulai menyiapkan rancangan Peraturan Daerah (raperda) tentang pengelolaan sampah ke legislatif. Lantaran, sampah menjadi ancaman serius bersamaan meningkatnya volume mencapai sekitar 100 meter kubik lebih per.

Bupati Madiun H. Muhtarom mengatakan, sampah yang dikelola berdasarkan Perda nantinya terdiri atas, sampah rumah tangga, sampah sejenis sampah rumah tangga dan sampak spesifik.

“Setiap orang dalam pengelolaan sampah wajib mengurangi dan menangani sampah dengan cara yang berwawasan lingkungan,” kata Bupati Muhtarom saat membacakan nota penjelasan 5 raperda, salah satunya raperda pengelolaan sampah di DPRD setempat beberapa waktu lalu.

Usulan raperda pengelolaan sampah tampaknya mendapatkan dukungan sebagaian besar dari fraksi-fraksi di DPRD setempat. Meski demikian, hanya Fraksi Partai Golkar yang mampu memberi masukan yang berperspektif kerakyatan.

Salah satunya, meminta agar raperda nantinya mengatur sumber daya manusia (SDM) yang bertugas mengelola sampah berikut kesehatan dan jaminan kesejahteraan.

“Penda harus mempunnyai komitmen terhadap masalah sampah, terutama hal mencukupi sarana dan prasarana, seperti armada, alat berat jaminan kesehatan, kesejahteraan petugas sampah,” kata Gunawan Prasetyo.

Diketahui, usulan raperda tersebut merupakan amanat UU
U No 18 Tahun 2008 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 33 tahun 2010 tentang pengelolaan sampah. Dimana Pemda wajib memiliki Perda Pengelolaan Sampah paling lambat 2012.

Sementara itu, selama ini di Kabupaten Madiun masih mengandalkan TPA di kawasan Kaliabu Kecamatan Mejayan. Kendati, Pemkab sudah mempunnyai lahan TPA seluas 8400 meter di Dusun Krajan Desa Banjarsari Wetan Kecamatan Dagangan.

Sedangkan pengelolaan sampah di TPA, hingga kini masih menggunakan sistem penimbunan sampah di tempat terbuka atau open dumping. Tahun lalu, eksekutif mengusulkan anggaran untuk pengelolaan sampah ke pemerintah pusat mencapai Rp. 4 miliar. Diantaranya, untuk pembiayaan sarana dan prasana, serta perbaikan kondisi jalan makadam di areal TPA di kawasan Kaliabu Kecamatan Mejayan, tapi juga tidak jelas. (re)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s