//
you're reading...
Uncategorized

PAD Diduga ’Bocor’, Galian C Urug Pasar Caruban Disoal DPRD

Pilarrakyat-Madiun,Penambangan galian C untuk pengurukan proyek pembangunan Pasar Besar Caruban (PCB) Kabupaten Madiun disoal DPRD setempat. Selain merusak lingkungan dan infrastruktur, juga ada indikasi kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak ijin galian C.

Seperti diungkapkan Mashudi, anggota Komisi D DPRD Kabupaten Madiun. Menurutnya, praktek penambangan galian C memang kian mengkwatirkan. Misal, lokasi penggalian untuk tanah urug lahan proyek PCB senilai Rp. 2,6 miliar beberapa waktu lalu cukup luas.

”Data kami, dari tiga lokasi proyek pertambangan galian C tanah urug itu PCB, pajak ijin diterima Pemkab Madiun hanya sebesar Rp. 8 juta dari total produksi pertambangan sesuai ijin sekitar 8 ribu kubik,” ujar Mashudi kepada wartawan Rabu (18/4/12).

Dijelaskan, jumlah itu berasal dari pajak ijin untuk lokasi galian C di Desa Klecorejo Mejayan atas nama Veri Sudarsono sebesar Rp. 3 juta (3000 kubik), di Desa Darmorejo atas nama Dasmin Rp. 2,5 juta (2500 kubik) dan di Desa Kaliabu atas nama Suhardi Rp. 2,5 juta (2500 kubik).

Sementara itu, terangnya, kebutuhan pengurugan lahan PCB diperkirakan mencapai 25 ribu kubik. Praktis, ada kelebihan produksi sekitar 17 ribu kubik dengan nilai pajak sekitar Rp. 17 juta.

Selain itu juga terjadi pada proyek pengerukan tanah uruh galian C di kawasan Dusun Wates, Desa Kebonagung, Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun membuat warga resah. Sebab, akibat banyaknya truk pengangkut tanah urug yang melintas, membuat infrastruktur jalan desa menjadi rusak parah.

”Belum lagi, masih banyak galian C yang digunakan untuk kegiatan proyek fisik terutama di Caruban baik yang dikerjakan oleh pemerintah maupun swasta,” katanya

Melihat kondisi tersebut, Mashudi mengaku sangat prihatin. Terlebih, mengenai mandulnya peran dan tidak adanya tindakan tegas dari instansi terkait sesuai aturan hukum yang berlaku.

”Kami berharap pelaksanaan Peraturan Daerah Galian C dan Peraturan Daerah Lingkungan Hidup harus dimaksimalkan. Ijin harus diperketat untuk memaksimalkan PAD dan untuk menghindari kebocoran,” tegas Mashudi seraya meminta Satpol PP turun tangan. (re/yu)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: