//
you're reading...
Uncategorized

Dua Bulan Tak Dapat Raskin, Warga Duduki Kantor Desa

* Diduga Dana ‘Nyanthol’

Pilarrakyat-Madiun, Warga miskin Desa Kebonagung, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Kamis (12/4) melakukan aksi protes menduduki kantor desa setempat. Sebab, bantuan beras untuk masyarakat miskin (raskin) selama dua bulan tak kunjung dibagikan. Diduga, uang untuk pembelian raskin ”nyanthol” di desa.

Karena itu, warga menuntut Kepala Desa Kebonagung Sumarno bertanggung jawab. Sebab, warga sudah menyetorkan dana raskin. “Warga sudah melunasi pembayaran. Jumlahnya sekitar Rp. 12 juta. Tapi sampai sekarang beras untuk sekitar 250 KK belum dibagikan. Kami kesini berontak dan menuntut hak,” kata Supriyono koordinator aksi, Kamis (12/4).

Menurut Supriyono, pemicu masalah ini adalah uang warga untuk menebus raskin tidak disetorkan ke Bulog. Sehingga, raskin sebanyak 7,5 ton untuk bulan Maret dan April tidak dibagikan oleh Bulog.

“Kami sudah berupaya menanyakan permasalahan ini pada pak lurah. Termasuk, meminta agar mau menemui warga dikantor desa. Tapi, pak lurah malah tidak ada ditempat. Tadi juga sudah kami hubungi dengan HP, tapi dia malah menjawab melalui sms yang isinya “nek kulo teng kantor jelas mboten saget, pados arto,” ungkap Priyono.

Sayangnya, aksi warga tidak ada yang gubris. Sebab, Kepala Desa maupun sejumlah perangkat lebih dulu meninggalkan kantor desa. Karena itu, warga mengancam akan kembali menduduki kantor desa hingga raskin disalurkan.

Sementara itu, Kaur Pembangunan Sumarmo mengatakan, pembagian raskin di desanya itu dibagi merata ke sejumlah warga. Namun, pembagian sama rata inijustru berdampak pada sulitnnya penarikan pembayaran.

“Aturannya 15 kilo per orang. Tapi diratakan per orang 2 kilo. Kehendak masyarakat sendiri, Belum di drop karena mungkin uang belum disetor ke Bulog,” ujar Sumarmo.

Hingga berita ini ditulis, Kades Kebonagung Sumarno belum berhasil dikonfirmasi mengenai masalah tersebut. (re)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: