//
you're reading...
Uncategorized

Kelas Rusak, Puluhan Siswa Belajar Di Gedung PKK

Pilarrakyat-Madiun, Gedung sekolah roboh atau rusak berat, ternyata bukan cuma di film laskar pelangi. Buktinya, puluhan siswa SDN Jatirejo Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun, kini terpaksa harus rela belajar di gedung PKK desa setempat. Lantaran, sejumlah kelas kondisinya rusak berat.

Data diperoleh menyebutkan, SDN Jatirejo memiliki sembilan kelas dan beberapa kelas kondisinya rusak berat, yaitu kelas I, II, III, V A, dan V B. Sehingga, proses belajar sekitar 72 siswa kelas V A, B dan kelas IV, harus berbagi dengan pembatas selembar kain.

Tak heran, kondisinya penuh sesak dan dikeluhkan para siswa. Karena konsentrasi belajar terganggung. Apalagi kalau guru kelas VI dan guru kelasnya menerangkan secara bersamaan.

‘’Kelasnya ramai, pelajarannya, nggak mudeng. Kadang-kadang bingung mau, mendengarkan yang mana’’ kata Saputra, siswa kelas V A, kepada wartawan

Sri Maryani guru IPA di kelas IV menuturkan, sambil menunggu proses perbaikan, untuk sementara ini 72 siswa belajar di gedung PKK, yaitu 37 siswa kelas kelas IV dan 35 siswa kelas V.

Meski demikian, tambahnya, saat awal mengajar di kelas darurat itu, menguras banyak tenaga. Sehingga, untuk menerangkan pelajaran disiasati bergantian. ‘’Saat pertama bingung betul, dan harus rajin keliling,’’ katanya kepada wartawan.

Pihaknya juga mengaku sempat takut saat mengajar di gedung PKK itu. Sebab, selain kontruksi plafonnya yang sudah lapuk, banyak ditemukan tembok yang menganga karena dimakan usia. ‘’Kalau hujan deras bahaya, apalagi kalau ada angin, mau bagaimana lagi ya banyak berdoa,’’ ungkapnya.

Secara terpisah, Suhirno kepala UPT pendidikan TK/SD, kecamatan Wonoasri, mengatakan sudah disarankan untuk meminjam rumah penduduk untuk proses pembelajaran. Namun hingga saat ini masih belum ada yang cocok.

“Kondisi gedung PKK sudah memprihatinkan, plafonnya memang bolong-bolong, dan kami tidak tahu diatasnya seperti apa, sudah kami sarankan untuk pindah,’’ jelas Suhirno. (re)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: