//
you're reading...
Uncategorized

Dukungan Kusno Maju Pilkada Madiun 2013, ’Menguat’

Pilarrakyat-Madiun, Dukungan untuk Kepala Desa (Kades) Sukosari Dagangan Kabupaten Madiun, Kusno mulai ’menguat’. Ini setelah, Parade Nusantara ambisi mengusung Kusno untuk ikut berlaga pada Pemilukada Kabupaten Madiun 2013 mendatang, melalui jalur independen.

Informasi Memo menyebutkan, selain kalangan tokoh masyarakat, perangkat desa dan kades tergabung dalam Parade Nusantara Madiun, Ormas Asosiasi Kepala Desa (AKD) pimpinan Karji tampaknya juga mulai respon atas figur mantan anggota Polri itu.

“Kalau memang Pak Kusno mencalonkan, yang namanya kepala desa dan satu korp, mosok gak arep ndukung. Khan yo keliru. Yo sak mbuh-mbuhe, wong ada calon dari internal yang muncul, ya pasti kita dukung,” kata Karji Ketua AKD Madiun belum lama ini.

Karji juga menegaskan, demi pemenangan Kusno, pihaknya akan segera mengambil langkah merapatkan barisan. “Secepatnya kami akan segera membicarakan dengan para kades yang duduk di Parade Nusantara, AKD, PKPD dan ADESI,” kata Karji yang juga Kepala Desa Kaligunting ini.

Sementara itu, Kades Bancong, Kec. Wonoasri Ibnu Sujono mengaku jika munculnya figur Kusno masuk dalam bursa Pilkada merupakan kesepakatan dari para kepala desa. “Teman-teman yang menginginkan ada internal kades muncul jadi wakil bupati. Kalau Pak Kusno maju akan kita dukung sepenuhnya,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kades Suluk, Kec Dolopo Susilo, yang menghendaki adanya kepemimpinan Kabupaten Madiun ke depan dipegang dari unsur Kades. Sebab, selama ini para kepala desa merasakan adanya ketimpangan dalam pembangunan desa.

Dicontohkan, masih adanya desa yang sama sekali tidak tersentuh oleh pembangunan. Tapi sebaliknya ada juga desa yang terus menerus mendapat gelontoran pembangunan. Padahal, lanjutnya, desa selalu memenuhi kewajiban, misal target realisasi PBB.

“Mengusung kader internal untuk tampil dalam laga Pilkada hal itu dinilai lebih rasional guna menjawab tuntutan perubahan. Karena, selama ini nyaris tidak ada keseimbangan, baik itu pembangunan infrastruktur maupun perekonomian,” ujarnya.

Dia menilai., figur Kusno seorang leadhership dan fleksibel. Sebab itu, pihaknya mendukung total dengan munculnya kader dari internal. “Kalau dari calon lain tidak ada ikatan emosional. Tapi kalau dari internal ada. Dan Dia (Kusno) bisa mengakomodir pendapat kawan yang memang betul-betul diperlukan,” paparnya.

Disinggung sejauhmana arah dukungan untuk Kusno, Susilo mengatakan, sekarang ini sudah mengerucut. “Wacana ini sudah muncul sejak 2 bulan lalu, dan mengerucut ke calon wakil bupati,” tandasnya.

Diberitakan Memo sebelumnya, Feri Sudarsono, Ketua Parade Nusantara Madiun mengaku akan menampilkan calon sendiri dari Kades dan politisi melalui jalur independen dalam Pilkada Kabupaten Madiun, yang rencana dihelat Mei 2013 mendatang.

Nama dieluh-elukan adalah Suprapto (Ketua Fraksi PDIP Kab Madiun) berpasangan dengan Kusno. Bahkan, mengklaim sudah dapat dukungan sekitar 75 persen perangkat dan kepala desa. Pihaknya juga mengaku sudah intens menggalang kekuatan dan komunikasi, termasuk, dengan PDIP. (re/yu)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: