//
you're reading...
Uncategorized

Kabupaten Madiun Belum Siap Buat E-KTP

Pilarrakyat-Madiun, Pelaksanaan program KTP elektronik atau E-KTP di Kabupaten Madiun dijanjikan April 2012 akhirnya molor lagi. Buktinya, hingga saat ini perangkat penting pembuatan E-KTP dijadwalkan tiba pertengahan Febuari 2012, belum juga ada kejelasan.

Praktis, petugas di sejumlah Kecamatan yang sudah mempersiapkan segala kebutuhan teknis program pemerintah pusat tersebut, untuk sementara harus menunggu.

Agus Jawari, Kasi Pemerintahan Kecamatan Gemarang, membenarkan jika pihaknya belum bisa melaksanakan pembuatan e-KTP. Pasalnya, peralatan pendukung dari pemerintah pusat belum datang.

“Kami sudah toto-toto sejak dulu. Sosialisasi mulai dari perangkat Ketua RT sampai ke masyarakat juga sudah dilakukan. Ruangan untuk foto juga sudah kami siapkan, tinggal menempati. Tenaga sudah ada. Kendalanya karena alat belum datang,” kata Agus belum lama ini.

Senada diungkapkan Camat Wungu Hadi Widodo. Menurutnya, pihaknya saat ini hanya tinggal menunggu alat dari pusat saja. Sedangkan persiapan yang menjadi tanggungjawab Pemkab Madiun dan pihak kecamatan semuanya sudah klir. “Kalau yang disini sudah klir dan mateng. Cuma tinggal menunggu alatnya saja,” ujarnya.

Sementara itu, Eri salah seorang petugas operator e-KTP Kecamatan Balerejo mengaku, jika dirinya bersama 3 orang yang nantinya bertugas mengoperasikan peralatan e-KTP sudah di diklat dan dibekali ilmu terkait pengoperasian alat untuk e-KTP.

Sehingga, jika sewaktu-waktu pelaksanaan e-KTP dimulai, petugas yang ada sudah siap melakukannya. “Nggak hanya kami saja. Semua petugas di kecamatan lain juga sudah di diklat dan dibekali ilmu. Pokoknya semua sudah beres. Tinggal alatnya saja yang belum datang. Semua juga menunggu datangnya alat itu,” ujarnya seraya menjelaskan jika diwilayahnya terdapat sekitar 33.061 wajib e-KTP.

Sesuai informasi dari Pemkab Madiun, tambah Eri, pelaksanaan penerapannya kemungkinan akan dimulai pertengahan bulan April ini. “Kalau informasi yang saya terima mungkin pertengahan bulan ini. Mudah-mudahan nggak molor,” ujarnya.

Informasi Memo menyebutkan, data per 1 Juni 2011 jumlah penduduk yang wajib E-KTP Kabupaten Madiun total sekitar 637.594 jiwa. Namun ada perbedaan antara data yang diterima pemerintah pusat yakni 474.000 orang wajib KTP. Kendala lain, masih sejumlah masalah terkait dengan keterlambatan pengiriman peralatan dari Departemen Dalam Negeri RI, diantaranya alat perekam iris mata, signature pad, server, uninterrupted power supply (UPS) dan finger print.

Padahal, Pemkab Madiun sudah menyiapkan anggaran Rp 3 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah untuk mensukseskan program e-KTP. Dana itu sudah siap di kas daerah dan tinggal dicairkan sesuai kebutuhan. (re/yu)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: