//
you're reading...
Uncategorized

2012, Kemiskinan Di Kabupaten Madiun Melonjak 90 Ribu Jiwa

Pilarrakyat-Madiun, Data keluarga miskin di Kabupaten Madiun terkesan ’amburadul’. Buktinya, angka kemiskinan tahun 2012 mendadak mengalami lonjakan cukup besar dibanding tahun sebelumnya.

Data sebelumnya, jumlah angka kemiskinan di Kabupaten Madiun dari 54.429 jiwa mengalami penurunan menjadi 46.670 jiwa. Namun, tahun 2012 ini Bagian Perekonomian Pemkab Madiun mengklaim jumlah keluarga calon penerima beras miskin (raskin) mencapai 90.000 jiwa lebih.

Kepala Bagian Perekonomian Komari, dikonfirmasi mengatakan jika angka 54.429 penerima raskin merupakan data hasil Badan Pusat Statistik tahun 2008 lalu dengan menggunakan dasar pemberian Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM). Sedangkan data 90.000 jiwa dasarnya adalah penduduk yang berpendapatan 40 persen lebih rendah dari pendapatan per kapita.

Meski demikian, tambahnya, terkait jumlah penerima raskin tahun 2012 yang mencapai 90 ribu, hal itu bukan berarti jumlah angka kemiskinan di Kabupaten Madiun mengalami lonjakan. Tapi lebih disebabkan karena adanya perbedaan dasar pemberian Raskin.

“Perbedaan dasar pemberian raskin akan dimulai pada bulan Mei depan. Dan dasar aturan dari BPS yang kami terima seperti itu. Tapi, ini masih wacana, belum riil karena belum ada pagu dari pemerintah,’ ujarnya. (re)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: