//
you're reading...
Uncategorized

PT KLARIFIKASI PUTUSAN SELA KASUS IJASAH BUPATI MADIUN

Pilarrakyat-Madiun, Kasus dugaan keabsaan ijasah Muhtarom Bupati Madiun terus menggelinding. Kali ini, Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya meminta klarifikasi ke Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Madiun atas putusan sela perkara perdata kasus ijasah Muhtarom diajukan oleh Heru Kuncahyono cs.

Surat klarifikasi ke PN Nomor W14-U/1205/HK.02/III/2012 ditandatangani Wakil Ketua PT, Surabaya H. Surya Darma Belo. ‘’Iya, kami mendapat surat dari PT. Surat itu masuk ke PN pekan ini,’’ kata Bambang Hermanto, ketua PN Kabupaten Madiun.

Langkah PT tersebut, tindak lanjut atas permintaan dari Heru Kuncahyono, selaku pengunggat ijazah Bupati Muhtarom. Dalam suratnya, meminta PT melakukan pengawasan pekara Ijazah dan menindaklanjuti. ”Dari surat yang dikirim pengugat ke PT itu, akhirnya muncul surat permintaan tanggapan yang dikirim ke PN Kabupaten Madiun,’’ terangnya.

Bambang menegaskan, surat dari PT tersebut bukan untuk memanggil majelis yang menangani pekara ijazah. Tapi lebih meminta tanggapan dari PN terkait kasus tersebut. ‘’Rencananya Minggu depan, tanggapan tertulis akan kami kirim ke PT. Hanya tertulis, tidak dipanggil ke Surabaya,’’ jelasnya.

Menurut Bambang, keputusan majelis hakim tanggal 29 Pebruari 2012 lalu dalam pekara ijazah sudah tepat. Yakni menggunakan kompetensi absolut. Majelis menyimpulkan, bahwa pokok perkara pada kasus ini tentang sengketa pilkada. Sehingga pengadilan yang bisa memeriksa dan mengadili adalah PTUN. Majelis hakim juga menggunakan juris prudensi keputusan pada sidang pilkada Sumbawa 2011 lalu. ‘’Garis besar tanggapan yang akan kami kirimkan ke PT ya seperti itu, sesuai dengan keputusan majelis hakim dalam pekara ini,’’ terangnya.

Sementara itu kepada wartawan, Heru Kuncahyono, salah satu pengunggat mengatakan, permintaan permohonan pengawasan hasil putusan perkara ijazah tidak hanya ditujukan ke PT, Surabaya. Tapi juga 14 lembaga negara lainnya. Namun baru PT yang bereaksi.

‘’Pengiriman surat permohonan pengawasan ke PT cukup penting bagi kami. Sebab ini menyakut langkah hukum kami ke depan. Saat ini kami sudah menyatakan banding. Selain PT, kami juga mengirim surat ke komisi yudisial maupu makamah agung,’’ terangnya. (re)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: