//
you're reading...
Uncategorized

Parade Nusantara Usung Calon Politisi-Kades

Pilarrakyat-Madiun, Kalangan Kepala Desa (Kades) tergabung dalam Ormas Persatuan Rakyat Desa (Parade) Nusantara Madiun, kini memiliki ambisi menampilkan calon sendiri dari Kades dan politisi melalui jalur independen dalam Pilkada Kabupaten Madiun, yang rencana dihelat Mei 2013 mendatang.

Nama dieluh-elukan masuk bursa sukseksi kepemimpinan 2013-2018 adalah Suprapto (Ketua Fraksi PDIP Kab Madiun) berpasangan dengan Kusno, Kades Sukosari, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun. Bahkan, mengklaim sudah dapat dukungan sekitar 75 persen perangkat dan kepala desa.

Feri Sudarsono, Ketua Parade Nusantara Madiun, tidak mengelak setting politik tersebut. Pihaknya justru mengaku sudah intens menggalang kekuatan dan komunikasi, termasuk, dengan PDIP.

“Kami sedang menggalang dukungan untuk memberangkatkan Pak Kusno dan Pak Prapto. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini apa yang menjadi keinginan dan harapan para perangkat desa dan kepala desa bisa terealisasi,” ujar Feri Sudarsono yang juga Kades Klecorejo, Kecamatan Mejayan, baru-baru ini.

Menurutnya, alasan yang melatar belakangi munculnya Kusno yang cukup sebagai Wakil Bupati, tak lain karena para perangkat dan kepala desa tidak ingin hanya dimanfaatkan untuk mengeruk suara oleh para calon bupati

Sebab itu, tandas Feri, pada Pilkada mendatang, pihaknya sepakat menutup kemungkinan calon bupati yang berasal dari luar yang hanya akan memanfaatkan potensi suara yang diperoleh dengan cara merangkul para pamong desa. “Kami tidak akan mendukung calon dari luar. Mayoritas sudah saling sepakat menutup calon dari luar” tegasnya.

Senada diungkapkan Anton Setyoko Kades Pule, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun. Menurutnya, dengan munculnya figur Kusno, diharapkan bisa menyelaraskan visi, misi dan program yang diusung oleh para pamong desa.

“Sebab, kami dulu saat terpilih menjadi pamong desa ya karena punya visi dan misi. Dengan munculnya calon dari internal, kami yakin apa yang menjadi keluhan desa bisa teratasi. Minimalnya, kami bisa mandiri dalam membangun desa,” ujarnya.

Karena itu, tandas dia, dalam mengusung figur Kusno dan Suprapto pihaknya akan berusaha all out mengeluarkan semua kemampuan yang dimiliki. “Kami semua sudah sepakat siap mbandari Pak Kusno dan Pak Prapto,” tegasnya.

Hingga berita ini ditulis, baik Kusno maupun Suprapto yang digadang-gadang menduduki kursi AE 1 dan kursi AE 2 belum berhasil dikonfirmasi, termasuk, kalangan dari internal PDIP Kab Madiun.

Melihat perkembangan peta politik terkini, praktis apabila rencana kelompok Kades ini bukan isapan jempol semata, setidaknya bursa calon Pilkada Madiun akan bertambah, setelah mencuatnya nama incumbent bupati madiun Muhtarom – Mujono.

Selain itu juga pasangan Sukiman (mantan Sekda Kab Madiun) dengan Bagus Rizki Dinarwan (Ketua DPD Golkar Kab Madiun). Kendati demikian khans terkuat masih pada sosok Muhtarom. Sedangkan kelayakan pemimpin pada sosok Sukiman. (re/yu)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: