//
you're reading...
Uncategorized

Pemkab Madiun Belum Siap Salurkan Kompensasi BBM

• Tak Punya Data Warga Miskin

Pilarrakyat-Madiun, Menyusul program penyaluran bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM), sebagai kompensasi atas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, Pemerintah Kabupaten Madiun hingga belum melakukan persiapan. Lantaran tidak mempunnyai data kongkrit warga miskin yang berhak menerima BLSM.

Kepala Bidang Bansos dan Perlindungan Sosial Dinsosnakertrans Kabupaten Madiun, Yoyok dikonfirmasi membenarkan, jika pihaknya sampai saat ini belum punya data tersebut. Selain itu, pihaknya juga belum menerima informasi soal adanya rencana gelontoran BLSM. “Rencana (BLT) itu belum sampai daerah, termasuk kriteria penerima itu nanti yang bagaimana, juga belum ada,” ujarnya.

Menurut Yoyok, karena belum ada petunjuk pelaksana/teknis atas program BLSM, sejauh ini pihaknya pun juga belum melakukan persiapan. “Kami belum menyiapkan, wong tidak ada perintah kok,” katanya.

Untuk sementara ini, Dinas akan akan melihat dulu bagaimana tehnis yang akan diterapkan oleh pemerintah. “Apakah aturannya masih seperti dulu atau tidak, kami masih menunggu. Kalau tehnisnya tidak sama dengan yang dulu, kami khan perlu data baru,” jelasnya.

Yang jelas, kata dia, untuk melaksanakan program BLSM, pihaknya akan menggunakan data dari Badan Pusat Statistik hasil survey tahun 2011 sebagai acuannya.

Diketahui, pemerintah akan menyalurkan program BLSM sebagai kompensasi atas kenaikan harga BBM. Pemerintah menyediakan dana Rp25,6 triliun. BLSM akan disalurkan secara bertahap sebesar Rp150.000 untuk setiap keluarga miskin penerima BLSM yang dibayarkan tiga bulan sekali. Pemerintah sudah menganggarkan dana BLSM sekitar Rp 25 triliun untuk sebanyak 18 juta penduduk miskin selama sembilan bulan. (re/yu)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: