//
you're reading...
Uncategorized

Survei PDIP, Tempatkan Muhtarom Urutan Pertama

Y. Ristu Nugroho

Pilarrakyat-Madiun, Sikap politik PDIP Kabupaten Madiun menggadang figur untuk bertarung pada Pemilukada Kabupaten Madiun 2013 nanti, tampaknya mulai terbaca. Diam-diam, dalam survey partai moncong putih ini telah menempatkan figur incumbent bupati Muhtarom pada urutan pertama.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Madiun, Y Ristu Nugroho dikonfirmasi tidak mengelak jika dalam survey dilakukan PDIP telah menempatkan nama Muhtarom yang juga Ketua DPC PKB Kabupaten Madiun pada urutan pertama.

“Survei ini salah satu diantara mekanisme yang dilakukan oleh PDIP untuk menjaring nama calon. Hasilnya akan dijadikan dasar untuk melakukan uji kepatutan. Tapi, jika ada survei dan menangkan nama Pak Muhtarom, itu tanpa sepengetahuan kami,” kata Ristu yang juga Ketua DPRD Kab Madiun ini.

Meski demikian, Ristu mengatakan jika sampai saat ini belum ada koalisi dengan PKB. Pihaknya masih akan melihat perkembangannya nanti bagaimana. Termasuk bagaimana nantinya koordinasi kita dengan DPP dan DPD.

“Ini masih belum kita buka pendaftaran. Jadi, belum ada koalisi dengan Pak Tarom. Nggak harus mengarah ke salah satu orang atau partai saja,” paparnya.

Melihat peta politik ini, nasib PDIP nantinya diprediksi tak ubahnya Pemilukada Kabupaten Madiun tahun 2003 silam. Dimana PDIP, hanya sebagai kendaraan politik figur diluar partai. Sebab, Ristu juga sudah menegaskan tidak akan ikut berlaga dalam suksesi kepemimpinan masa bakti 2013-2018.

Alasannya, terkendala aturan partai. Yaitu, jika seorang kader partai PDIP sudah menjabat sebagai pimpinan DPRD, maka yang bersangkutan tidak di perbolehkan mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah maupun sebagai calon wakil kepala daerah.

“Saya tidak akan maju karena ada aturan khusus dari PDIP. Apabila ada kader yang ikut mencalonkan, itu pun harus dengan syarat mendapat ijin khusus dari Ketua Umum Ibu Megawati,” tandasnya.

Sisi lain, pihaknya juga menegaskan sejauh ini PDIP belum memiliki siapa nama calon dari internal yang akan diusungnya dalam Pilkada 2013 mendatang. “Sosok dari internal kok belum ada. Mungkin jik golek utangan duit,” ujarnya sambil berkelakar.

Sementara itu, sosok Ketua Fraksi PDIP DPRD Kab Madiun Suprato yang santer disebut masuk bursa calon dibantah Ristu. Karena bersangkutan menyatakan belum siap untuk maju.

“Kemarin sudah ditanting. Kelihatannya saat ini belum ada yang siap untuk maju. Yang pasti, calon dari internal belum ada. Nggak tahulah kalau nanti. Ini masih belum kita buka pendaftaran,” ujarnya.

Diketahui, perkembangan suhu politik menjelang Pilkada akhir-akhir ini memang mulai memanas. Incumbent bupati Muhtarom telah memastikan ikut berlaga dengan klaim didukung masyarakat dan kyai. Rencananya didampingi Mujono Wakil Ketua DPRD Fraksi Golkar, dengan jargon “Ta-Mu”.

Untuk tiket pasangan Ta-Mu ini, diperkirakan ada dua tiket disiapkan, yakni PKB atau PDIP yang sudah memenuhi persyaratan 20 persen. Tak heran, jika manuver, intrik politik dan penataan system birokrasi mulai dilancarkan.

Sedangkan sosok figur terbaik Kabupaten Madiun yang siap bertarung melawan incumbent, yaitu Sukiman mantan Sekda Kab, Madiun (kini sekda Trenggalek) didampingi Bagus Rizki Dirnawan (Ketua DPD Partai Golkar Kab Madiun). Untuk kendaraan, tidak lain adalah Partai Golkar dan sejumlah partai politik yang memiliki kursi di DPRD setempat.

Bahkan dukungan terhadap pasangan dengan jargon “SU-GUS” ini juga mulai mengalir, mulai dari parpol, birokrat, mantan birokrat, pengusaha, kyai, tokoh ulama, LSM/Ormas dan berbagai elemen rakyat yang meminta perubahan dan penyelesaian karut marutnya Kabupaten Madiun selama ini. (remi/yu)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s