//
you're reading...
Uncategorized

Gus Ipul Mendesak Kemenhub Audit PO Bus Di Jatim

Pilarrakyat-Madiun, Menyusul maraknya kecelakaan lalu lintas melibatkan bus, termasuk terjadi di wilayah Megetan dan Ngawi beberapa waktu lalu, membuat Pemprov Jatim geram dan mendesak Kementerian Perhubungan segera melakukan audit seluruh perusahaan autobus ( PO ) di Jatim.

Hal itu ditegaskan Wakil Gubernur Jatim H. Saifullah Yusuf, selepas menghadiri kegiatan pemberian santunan Yayasan Yatim Mandiri di PG. Rejo Agung Baru Madiun, Kamis (16/2).

‘’Banyaknya kecelakaan yang melibatkan bus menjadi pembelajaran buat kita. Semua pihak harus intropeksi, kami juga telah meminta Kemenhub mengaudit PO,’’ jelas Saifullah Yusuf.

Menurut Gus Ipul-panggilan akrab- Saifullah Yusuf, audit menyeluruh diberlakukan untuk managemen perusahaan bus. Yang meliputi sistem pengajian awak bus, pemeliharaan kendaraan hingga bengkel di perusahaan tersebut.

‘’Dari audit bisa dilihat, pemiliharaan bus apakah rutin atau tidak, bagaimana bengkel di perusahaan bekerja. Audit untuk Perusahaan bus sistem monotoringnya nya diperketat,’’ katanya.

Disisi lain, tahun ini Pemprov Jatim telah menyediakan anggaran sebesar Rp 300 miliar untuk perbaikan jalan provinsi. Anggaran tersebut akan bertambah saat pembahasan APBD perubahan. Ditargetkan dana perbaikan jalan provinsi mencapai Rp 500 juta tahun ini.

‘’Tahun kemarin angka perbaikan kita hanya Rp 400 miliar. Selain memperbaiki jalan rusak, kita juga membuat jalan baru. dengan perbaikan ini, kita berharap bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas,’’ katanya.

Selain infastruktur jalan, pihak Pemprov Jatim juga mengevaluasi rambu-rambu lalu lintas yang terpasang di jalan. Selain itu, jumlah penerangan jalan umum (PJU) yang terpasang dijalan. ‘’Kalau audit infrastruktur terdiri dari jalan, rambu dan PJU. Kalau audit perhsanaa bus lebih ke orang dan kendaraannya,’’ jelasnya. (rem/hendri)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: