//
you're reading...
Uncategorized

22 Supermarket dan Minimarket Di Kabupaten Madiun Bodong

Pilarrakyat-Madiun, Mencuatnya kasus perijinan gerai Alfamart di Desa Tiron Kecamatan/Kabupaten Madiun yang disoal oleh warga setempat, akhirnya membuka tabir gelap maraknya supermarket/minimarket yang bodong (tidak berijin,red) di wilayah Kabupaten Madiun. Sisi lain, juga adanya indikasi ‘dana siluman’ perijinan yang mengalir ke oknum pejabat .

Sesuai data Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT) Kab Madiun, hingga tahun 2012 ini, sedikitnya tercatat ada sekitar 29 jenis supermarket/minimarket baik Indomart, Alfamart maupun toko modern yang tersebar di wilayah 15 Kecamatan Kab. Madiun. Dari jumlah itu, baru 7 unit yang mengantongi ijin, sedangkan lainnya masih ‘bodong’.

“Jumlah Alfamart dan toko modern ada 29 tersebar di Kabupaten Madiun. Tapi yang baru ijin hanya 7,” aku Kepala Seksi KPPT Kabupaten Madiun, Sdri. Yayuk Sri Wahyurini menjawab pertanyaan Joko Setiyono Wakil Ketua DPRD saat hearing kasus Alfamart Desa Tiron, Rabu (15/02/12).

Menurut Joko Setiyono, dengan terkuaknya permasalahan perijinan gerai Alfamart di Tiron itu telah membuka tabir. “Karena itu jangan sampai ada rekayasa. Apabila ada ijin setelah hearing ini, berarti ada rekayasa. Dan kami berharap tidak ada adu domba, dinas terkait dan Satpol PP harus tegas menutup dan menyegel (supermarket/minimarket bodong,red),” kata Joko Setiyono.

Pernyataan pedas juga dilontarkan Rudi Triswahono anggota Komisi B Fraksi PDIP DPRD setempat. Mengetahui maraknya gerai bodong, pihaknya dengan lantang menantang eksekutif yang hadir, termasuk pejabat Satpol PP dan KPPT menjalankan tupoksinya (tugas pokok dan fungsi).

Salah satunya segera menutup dan menyegel sejumlah gerai Indomart atau Alfamart ‘bodong’ dan jaraknya kurang dari 3 kilometer, sesuai amanat Perbub no 36 tahun 2009. Serta tidak mengeluarkan ijin sebelum ada aturan yang jelas. “Kasus Tiron (perijinan Alfamart di Tiron,red) telah mencoreng nama Bupati,” tegas Rudi yang mendapat aplaus dari para peserta hearing. (mi/hendri)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: